Kapolres Nyatakan Kondisi Kamtibmas Barito Selatan Kondusif

id Barito Selatan, Barsel, Buntok, Polres Barsel, Yussak Angga

Kapolres Nyatakan Kondisi Kamtibmas Barito Selatan Kondusif

Kapolres Barito Selatan, Kalimantan Tengah AKBP Yussak Angga saat menyampaikan sambutan pada upacara peringatan hari kesadaran nasional di Buntok, Jumat (17/2/17). (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Sampai saat ini, kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat dalam keadaan aman dan kondusif,"
Buntok (Antara Kalteng) - Kapolres Barito Selatan, Kalimantan Tengah AKBP Yussak Angga menyatakan kondisi keamanan dan ketertiban kondusif pascapemilihan Kepala Daerah pada 15 Februari 2017.

"Sampai saat ini, kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat dalam keadaan aman dan kondusif," katanya saat menyampaikan sambutan pada upacara peringatan hari kesadaran nasional di Buntok, Jumat.

Sejauh ini lanjut Kapolres Barito Selatan, dalam catatan pihaknya, belum ada indikasi terjadi sesuatu yang dapat mengganggu stabilitas keamanan dan ketertiban dimasyarakat.

"Memang ada beberapa kejadian, namun tidak menghalangi serta menghambat seluruh rangkaian kegiatan pemungutan dan penghitungan suara," jelas Kapolres.

Menurut dia, pihaknya dibantu TNI dan unsur perkuatan lainnya sudah proaktif dan menyiapkan langkah-langkah antisipasi dan menjaga keamanan sampai paska penghitungan suara.

"Terkait dengan pelanggaran dan tindak pidana pemilu, Polri bekerja sama dengan Kejaksaan dan Panwaslih akan mengoptimalkan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu),"jelas dia.

Hal tersebut dilakukan untuk menyelesaikan secara tuntas pelanggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada seluruh tahapan.

"Setiap pelanggaran yang dilaporkan masyarakat, akan dinilai Panwaslih, Kejaksaan dan Polri sehingga polisi bisa menilai apakah pelanggaran itu bersifat administrasi, kode etik atau tidak pidana," kata dia.