Kapolres Imbau Masyarakat Lakukan Pengamanan Swakarsa

id Barito Selatan, Barsel, Buntok, Pilkada Barsel, peringatan hari kesadaran nasional, polres barsel, Yussak Angga

Kapolres Imbau Masyarakat Lakukan Pengamanan Swakarsa

Kapolres Barsel, AKBP Yussak Angga (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Kapolres Barito Selatan, Kalimantan Tengah AKBP Yussak Angga mengimbau masyarakat melakukan pengamanan swakarsa setelah pemilihan kepala daerah yang berlangsung 15 Februari 2017.

"Kita mengimbau kepada seluruh masyarakat agar melakukan pengamanan swakarsa di lingkungan kerja instansi pemerintah, swasta dan pemukiman masing-masing," katanya saat upacara peringatan hari kesadaran nasional di Buntok, Jumat.

Menurut dia, selain itu bersama-sama tokoh partai politik, tokoh masyarakat, agama, adat dan tokoh pemuda menyampaikan kepada masyarakat agar tetap menjaga situasi yang selama ini sudah kondusif.

"Jangan mudah terprovokasi dengan isu-isu tidak benar," kata Kapolres Barito Selatan, AKBP Yussak Angga.

Kepada masing-masing pasangan calon, para tim sukses, pemilih diminta menjunjung tinggi sportifitas sesuai dengan perjanjian pada saat deklarasi damai beberapa waktu lalu yakni siap menang dan siap kalah.

"Artinya bisa menerima apapun hasil penghitungan suara yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barsel nanti,"tambah dia.

Bagi yang menang jangan terlalu euforia dan jangan merendahkan yang kalah, sedangkan bagi yang kalah, jangan bersedih dan dapat menerima dengan lapang dada, karena yang menang itu sudah digariskan Allah SWT.

"Apabila ada permasalahan Pilkada agar diselesaikan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku yakni melalui mekanisme yang ada dan tidak menggunakan cara-cara yang melanggar hukum,"kata dia.

Ia mengajak agar menggunakan cara damai, cerdas, demokratis dan tanpa kekerasan atau ancaman untuk menunjukan bahwa masyarakat Barsel adalah masyarakat yang beradab yang sudah dewasa berdemokrasi.

"Kita juga mengajak kepada seluruh masyarakat Barito Selatan untuk turut berperan serta menjaga situasi keamanan terutama menjaga lingkungannya agar tetap kondusif," demikian Kapolres Barsel.