Balitbang Perlu Lakukan Kajian Terobosan Tingkatkan Pembangunan, Kata Wakil Wali Kota

id palangka raya, balitbang palangka raya, wakil wali kota palangka raya, mofit saptono

Balitbang Perlu Lakukan Kajian Terobosan Tingkatkan Pembangunan, Kata Wakil Wali Kota

Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio mengatakan Badan Penelitian, Pengembangan, Inovasi dan Teknologi di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah ini perlu melakukan terobosan dan kreatifitas dalam upaya meningkatkan pembangunan daerah

"Terobosan ini diperlukan agar seluruh sektor pembangunan terutama terkait visi dan misi yang telah ditetapkan berjalan maksimal," katanya di Palangka Raya, Sabtu.

Dia meminta badan penelitian yang hanya ada satu di Provinsi Kalimantan Tengah ini melakukan kajian-kajian strategis dan mendalam baik terkait potensi yang telah ada maupun fenomena yang berkembang di masyarakat.

"Hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam merumuskan berbagai kebijakan pemerintah kota baik terkait pembangunan fisik maupun non fisik daerah," katanya.

Mofit juga meminta Balitbang "Kota Cantik" ini dapat menjalin dan meningkatkan kerjasama dengan instansi teknis lain baik dalam lingkup pemerintah kota maupun yang lebih luas lagi.

"Komunikasi diperlukan agar tak ada tumpang tindih kewenangan antar instansi pemerintah kota. Program terobosan tersebut harus produktif sehingga juga bermanfaat bagi masyarakat," katanya.

Kepala Badan Penelitian, Pengembangan, Inovasi dan Teknologi Kota Palangka Raya Barit Rayanto mengatakan, saat ini dalam melaksanakan program terkendala jumlah peneliti.

"Jumlah peneliti kita terbatas. Saat ini hanya ada satu, itu pun belum memiliki sertifikat karena masih dalam proses. Untuk mengatasi keadaan tersebut, kami melakukan kerjasama dengan para pakar dan peneliti di berbagai universitas di Palangka Raya," katanya.