Polres Barito Utara Gelar Sosialisasi Penanggulangan Karlahut

id barito utara, polres barut, karlahut, kebakaran lahan

Polres Barito Utara Gelar Sosialisasi Penanggulangan Karlahut

Polres Barito Utara, Kalimanan Tengah bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah, TNI, Pemadam Kebakaran dan Manggala Agni menggelar sosialisasi mengenai pelatihan pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, Minggu (19/2/201

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Polres Barito Utara, Kalimanan Tengah bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah, TNI, Pemadam Kebakaran dan Manggala Agni menggelar sosialisasi mengenai pelatihan pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

"Kegiatan ini untuk menanggulangi potensi dan mengantisipasi kebakaran lahan dan hutan di daerah ini," kata Kabag Operasi Polres Barito Utara Kompol RAS Yudhapatie di Muara Teweh, Minggu.

Pelaksanaan sosialisasi tersebut juga didukung oleh perusahaan perkebunan kelapa sawit yakni PT Multi Persada Gatra Megah (MPG) dan PT Harisa Argo Lestari HAL).

Sosialisasi pelatihan pencegahan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan ini dilaksanakan untuk tujuh desa di dua kecamatan yakni Kecamatan Teweh Tengah di Desa Sei Rahayu I, Sei Rahayu II, Rimba Sari, Beringin Raya, Data Narui, dan desa Pendreh dan Kecamatan Lahei, dan Kecamatan Lahei di desa Karamuan.

"Melalui peran serta masyarakat di desa-desa kita harapkan kebakaran lahan dan hutan dapat ditanggulangi," kata dia.

Kabag Ops mengatakan, kegiatan ini diikuti sekitar 150 orang yang terdiri dari anggota Polres Barito Utara, Kapolsek, Danramil, Camat, anggota BPBD, anggota Manggala Agni, Damkar Satpol PP serta aparat desa.

Selain sosialisasi juga dilakukan pelatihan praktek pemadaman api dilapangan. Hal ini gunya mempersiapkan para anggota yang tergabung dalam tim penanggulangan Karhutla untuk lebih siap dalam menghadapi situasi yang tidak diinginkan dalam menangani kebakaran hutan dan lahan.

"Di samping masyarakat pihak perusahaan juga punya tanggung jawab terkait karlahut di kawasan setempat," ujarnya.