HPN Kalteng Dihadiri Sekjen PWI

id PWI kalteng, HPN Kalteng, kalimantan tengah,

HPN Kalteng Dihadiri Sekjen PWI

Sekjen PWI Hendry Ch Bangun menyerahkan potongan tumpeng kepada Asisten III Pemprov Kalteng I Ketut Widie Wirawan, dengan didampingi Ketua PWI Kalteng H Sutransyah saat peringatan HPN tingkat Provinsi Kalteng dan HUT ke-71 PWI di Palangka Raya, Senin

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Provinsi Kalteng dan HUT ke-71 PWI yang digelar di Palangka Raya, Senin (20/2/2017), dihadiri Sekretaris Jendral (Sekjen) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Hendry Ch. Bangun, para pengurus PWI kabupaten/kota se-Kalteng, Asisten III Pemprov Kalteng I Ketut Widie Wirawan, dan sejumlah pejabat daerah. 

Ketua PWI Cabang Kalteng, H Sutransyah mengatakan walau kegiatan ini dikemas secara sederhana, namun menyambut gembira dengan kehadiran Sekjen PWI. 

Sekjen PWI dalam sambutannya mengatakan, pers berperan besar dalam pembangunan, baik itu daerah maupun pusat. "Pers berperan membantu pemerintah dalam pembangunan dan mnesejahterakan rakyat, baik di daerah maupun di pusat," kata dia.

Ia menjelaskan, Pers di awal pendiriannya berjuang untuk negara dan sekarang pun tetap mendukung pembangunan yang dilaksanakan pemerintah. Seiring itu pula wartawan harus mampu bersikap dan bertindak profesional. 

"Untuk menjadi wartawan yang profesional tentunya harus berkompeten. Karena itu PWI menjadi salah satu organisasi pers yang paling banyak menghasilkan wartawan berkompeten melalui UKW (Uji Komptensi Wartawan). UKW adalah program utama untuk meningkatkan profesionalisme wartawan dan sekaligus memenuhi tuntutan sertifikasi kompetensi wartawan," katanya. 

Hendry juga mengapresiasi PWI Kalteng karena hampis setiap tahun melaksanakan UKW. Bahkan, ada tiga kabupaten di Kalteng juga telah menyelenggarakan UKW. "Di Kalteng hampir semua wartawan sudah mengikuti UKW dan berkompeten," ujarnya.

Sementara itu Ketua PWI Kalteng Sutransyah, mengungkapkan pihaknya akan kembali menggelar UKW tahun ini. "Kita telah melaksanakan UKW sebanyak delapan kali. Dan tahun ini yang kesembilan kalinya dilasanakan," ucap dia.

Menurutnya, sebanyak 68 persen wartawan di Kalteng sudah kompeten. Sisanya sekitar 32 persen belum berkompeten.

Ia pun berharap, semua wartawan yang belum menjalani UKW bisa mengikuti program itu pada tahun ini. 

Pada kesempatan peringatan HPN itu Ketua PWI Kalteng Sutransyah menyerahkan pin Sahabat Pers kepada Sipet Hermanto, yang kini menjabat sebagai Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng.