Sekjen PWI Minta Pers Jangan Cari-Cari Kesalahan Dalam Menulis Berita

id Kalimantan Tengah, Kalteng, PWI Kalteng, Sekjen PWI Hendry CH Bangun, hari pers

Sekjen PWI Minta Pers Jangan Cari-Cari Kesalahan Dalam Menulis Berita

Kemeriahan Peringatan Hari Pers Nasional Provinsi Kalimantan Tengah, diwarnai dengan Pelantikan Pengurus PWI Kabupaten Barito Utara, dan pemberian Kartu PWI Number One untuk wartawan senior di Kalteng. (Foto Antara Kalteng/Rachmat Hidayat)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Sekretaris Jendral Persatuan Wartawan Indonesia Hendry CH Bangun meminta insan pers Provinsi Kalimantan Tengah tidak mencari-cari kesalahan dalam menulis dan menyajikan pemberitaan kepada masyarakat.

Sekarang ini ada kecenderungan pers mencari-cari kesalahan seseorang atau kelompok demi mendapatkan uang, kata Bangun saat memeringati hari Pers Nasional yang diselenggarakan PWI Kalteng di Palangka Raya, Senin.

"Sepuluh kebaikan seseorang tidak pernah diberitakan, tapi sekali salah, ditulis dan diberitakan terus menerus. Ini kan sudah tidak benar. Wartawan memang dilindungi Undang-undang, tapi tetap harus proporsional," ucapnya.

Dikatakan, adanya uji kompetensi wartawan (UKW) merupakan upaya mengantisipasi adanya insan pers yang tidak profesional atau sekadar mencari uang, sekaligus meningkatkan pemahaman etika jurnalistik dan memberikan manfaat bagi masyarakat maupun kemajuan pembangunan.

"UKW bukan sekadar formalitas, tapi agar wartawan tahu tugasnya. Pers itu untuk rakyat. Pers hanya berguna kalau memberikan manfaat kepada rakyat. Saya mengajak wartawan di Kalteng ini proporsional dalam menyajikan berita," kata Bangun.

Di tempat yang sama Ketua PWI Kalteng Sutransyah menambahkan, UKW merupakan agenda rutin bersama pengurus lainnya. Sampai awal tahun 2017, PWI Kalteng telah menyelenggarakan UKW sebanyak delapan kali.

Dia mengatakan, anggota PWI Kalteng yang belum ikut dan lulus UKW berkisar 32 persen. Namun, jumlah tersebut akan terus dikurangi dan ditargetkan di akhir tahun 2019 semua anggota PWI telah lulus UKW.

"Tahun ini kita akan menyelenggarakan UKW. Kita kejar terus agar semuanya sudah UKW. Kita juga berharap semua media di Kalteng ini dapat segera terverifikasi Dewan Pers," kata Sutransyah.

Kegiatan HPN 2017 yang dilaksanakan PWI Kalteng dihadiri sejumlah Pejabat Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten/Kota serta unsur Forkompinda Provinsi Kalteng. Dalam kegiatan tersebut PWI memberikan pin sahabat PWI kepada Kepala Dinas Kehutanan Kalteng Sipet Hermanto.