Pengadilan Ini Tolak Banding Neymar Dan Barca

id Neymar, Pengadilan Ini Tolak Banding Neymar Dan Barca

Pengadilan Ini Tolak Banding Neymar Dan Barca

Pemain Barcelona, Neymar (REUTERS / Gustau Nacarino)

Madrid (Antara Kalteng) - Sebuah pengadilan Spanyol pada Senin (20/2) menolak banding yang diajukan oleh Neymar dan Barcelona dalam perkara dugaan penipuan dan korupsi dalam proses transfer pemain Brasil tersebut dari Santos pada 2013.

Keputusan tersebut kemungkinan membuat sang pemain dan klub selangkah lagi menuju sidang.

Kedatangan Neymar dari klub Brasil Santos memberi sukses besar bagi Barcelona di lapangan, tetapi juga membawa mimpi buruk persidangan.

Penyerang 25 tahun itu sedang diselidiki di Brasil dan Spanyol terkait kepindahannya ke La Liga.

Barcelona awalnya mengungkapkan dana transfer Neymar sebesar 57 juta euro (sekitar Rp806,5 miliar) dengan 40 juta euro (sekitar Rp565,9 miliar) diberikan ke keluarga pemain itu.

Namun pihak berwenang Spanyol yakin dana transfer sebenarnya sedikitnya 83 juta euro (sekitar Rp1,17 triliun).

Pada November, jaksa menuntut Neymar dijatuhi hukuman penjara selama dua tahun dan denda 10 juta euro (sekitar Rp141,4 miliar) atas tuduhan praktik korupsi.

Hukuman penjara dua tahun atau kurang biasanya ditangguhkan bagi pelaku yang baru pertama kali melakukan tindakan pidana di Spanyol.

Kasus ini bermula dari keluhan perusahaan investasi Brasil DIS, yang memiliki 40 persen hak olahraga Neymar saat transfernya.

DIS hanya menerima 6,8 juta euro, 40 persen dari biaya yang dibayar ke Santos, dengan perusahaan mengklaim dicurangi karena bagian dari sebagian dana transfer dirahasiakan oleh Barcelona, Santos dan keluarga Neymar, demikian menurut warta kantor berita AFP.(hs)