Lagi, Kebakaran Di Palangka Raya Hanguskan Puluhan Rumah Warga

id Palangka Raya, Kebakaran, BPK Laskar Kahayan, Jalan Kalimantan, Gang Mandau

Lagi, Kebakaran Di Palangka Raya Hanguskan Puluhan Rumah Warga

Bekas kebakaran yang terjadi di Jalan Kalimantan, Gang Mandau sekira pukul 02.30 WIB (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Kebakaran yang terjadi Selasa dini hari sekira pukul 02.30 WIB menghanguskan rumah warga di Jalan Kalimantan, Gang Mandau, Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, sebanyak 30 unit terdiri atas enam barak dengan total 26 dan 24 pintu.

"Dalam kejadian ini setidaknya ada 36 kepala keluarga di RT03 dan RT05 RW16 kehilangan tempat tinggal," kata Kepala Bidang Operasional Pemadam Kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palangka Raya, Sawang NK saat ditemui di lokasi, Selasa.

Dia mengatakan, pemadaman di lokasi tersebut dilakukan oleh belasan tim pemadam baik dari pemerintah kota maupun dari BPK swakarsa.

"Belasan tim pemadam baik dari pemerintah kota maupun swakarsa turut memadamkan kebakaran ini. Meski banyak bangunan yang terbakar namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini," katanya.

Salah satu anggota BPK "Laskar Kahayan", Ugun mengatakan kebakaran tersebut terjadi pada sekira pukul 02.30 WIB dan berasal dari salah satu rumah waraga bernama Tt.

"Saat kejadian penghuni rumah ada. Namun saat ini kita tidak mengetahui keberadaannya," kata Ugun yang juga menjadi korban kebakaran.

Dia menambahkan, kebakaran terjadi sesaat setelah sebelumnya di wilayah tersebut terjadi pemadaman listrik.

"Kejadian terjadi habis mati lampu. Sekitar setengah jam lamp;u hidup tiba-tiba mulai terlihat api. Mungkin ada yang menghidupkan lilin saat mati lampu. Mungkin meski listrik nyala, tapi karena ngantuk liiln tak dimatikan yang kemudian menjadi penyebab kejadian," katanya.

Sementara itu, saat proses pemadaman kendala yang dihadapi ialah kondisi listik dalam kondisi menyala sehingga timnya harus menunggu PLN mematikan lampu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat proses kebakaran.

Selain itu, kondisi bangunan rumah yang berdempetan dan berbahan dasar kayu membuat api semakin sepat menyebar. Jalan lingkungan yang hanya sekira dua meter dan kondisi pemukiman yang berada sekira 2-5 meter di atas tanah juga menjadi hambatan tersendiri bagi petugas.

Saat ini penyebab pasti kebakaran masih dalam penyelidikan. Tim Inavis Polda Kalteng pun juga telah melakukan olah TKP serta membawa sejumlah barang bukti dari lokasi.

Kebakaran ini pun menjadi kejadian kedua setelah sebelumnya pada Minggu (12/2) kebakaran juga telah menghanguskan belasa rumah dan barak di Jalan A. Yani Palangka Raya.