DPRD Barut Sampaikan Beberapa Pokok Pikiran di Raker Pemerintahan

id barito utara, dprd barut, raker pemerintahan dan pembangunan barut

DPRD Barut Sampaikan Beberapa Pokok Pikiran di Raker Pemerintahan

Ketua DPRD Barito Utara Set Enus Y Mebas menyampaikan pokok-pokok pikiran DPRD dalam rapat kerja pemerintahan dan pembangunan di gedung Balai Antang Muara Teweh, Selasa. (Foto Antara Kalteng/Kasriadi)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - DPRD Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah menyampaikan pokok-pokok pikiran dalam rapat kerja pemerintahan dan pembangunan pemerintah daerah tahun 2017 yang dihadiri Bupati Nadalsyah.

"Ada beberapa pokok pikiran dewan yang disampaikan pada rapat kerja pemerintahan dan pembangunan. Pokok-pokok pikiran dewan tersebut di antaranya bidang pemerintahan, perekonomian, keuangan dan aset dan bidang pembangunan," kata Ketua DPRD Barito Utara (Barut) Set Enus Y Mebas di Muara Teweh, Selasa.

Menurut Set Enus, pokok pikiran DPRD di bidang pemerintahan yaitu percepatan penyelesaian masalah tata batas desa, kecamatan dan kabupaten.

Kemudian evaluasi dan perencanaan strategis peningkatan kapasitas sumber daya aparatur guna mendukung pencapaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Kabupaten Barito Utara.

"Untuk bidang perekonomian, DPRD mengharapkan peningkatan sektor ekonomi kerakyatan berbasis budaya lokal. Mengoptimalisasi sektor-sektor yang berpeluang untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat serta optimalisasi pasar-pasar tradisional di kecamatan dan desa," kata Set Enus.

Sedangkan di bidang keuangan dan aset, DPRD Barito Utara mengharapkan perlu diupayakan peningkatan PAD yang bersumber dari pajak dan retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan dan lain-lain pendapatan asli daerah yang sah.

Selain itu melakukan efesiensi penggunaan dana APBD, melakukan peningkatan sistem pengelolaan keuangan daerah yang efektif dan taat asas. Serta peningkatan kemampuan keuangan daerah, dari sedang menjadi tinggi.

Ketua dewan mengatakan, untuk bidang pembangunan, perlu adanya percepatan pembangunan, peningkatan dan pemeliharaan jalan dan jembatan, dan fasilitas lainnya dengan mengutamakan skala prioritas.

"Selalu melakukan koordinasi dengan pemerintah provinsi Kalimantan Tengah, dalam rangka akselerasi pembangunan, peningkatan dan rehabilitasi jalan nasional dan jalan provinsi di wilayah Kabupaten Barito Utara," kata Set Enus yang juga politisi dari PDI Perjuangan ini.