Disdukcapil Prioritaskan Layanan Kependudukan Korban Kebakaran

id Palangka Raya, Korban Kebakaran, Disdukcapil Palangka Raya, Lukmanul Hakim

Disdukcapil Prioritaskan Layanan Kependudukan Korban Kebakaran

Kepala Bidang Pengelolaan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Palangka Raya Lukmanul Hakim (Foto Antara Kalteng/Ronny NT)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah akan memprioritaskan layanan kependudukan bagi korban kebakaran.

"Kita upayakan memberikan pelayanan prioritas dan cepat bagi para korban kebakaran. Hari ini masuk `insyaallah` besok sudah bisa didapatkan surat itu," kata Kepala Bidang Pengelolaan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Palangka Raya Lukmanul Hakim di ruang kerjanya di Palangka raya, Selasa.

Meski diprioritaskan, kecepatan pencetakan KK dan Kartu Tanda Penduduk akan tergantung keberadaan kepala dinas selaku penanda tangan kedua surat tersebut.

Kebakaran terjadi di Jalan Kalimantan, Gang Mandau, Kota Palangka Raya, Minggu (19/2) dini hari yang menyebabkan 36 rumah terbakar termasuk dokumen kependudukan warga baik KTP maupun KK.

"Semua gratis dan kita upayakan berikan prioritas dan percepat pelayanan. Apalagi dokumen kependudukan baik KK dan KTP biasanya menjadi salah satu syarat bagi para korban dan masyarakat untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah kota" katanya.

Untuk itu, dia meminta para korban secara probadi maupun melalui RT atau perwakilan yang lain dapat segera meminta surat keterangan dan surat kehilangan data kependudukan dari kepolisian.

Bagi warga yang terbakar identitas kependudukannya, diharapkan secara kolektif oleh RT atau siapapun dapat melaporkan kejadian ke kepolisian sehingga bisa diterbitkan surat keterangan kebakaran dan kehilangan dokumen kependudukan yang menjadi dasar pencetakan atau penerbitan KK dan KTP sementara.

"Akan lebih baik jika masih bisa menyertakan foto kopi KTP atau KK," katanya.

Disdukcapil juga memberikan prioritas bagi korban kebakaran di kawasan Flamboyan, Jalan A Yani, yang terjadi pada 12/2 Februari.

Lukmanul menyatakan prihatin atas musibah kebakaran yang telah dua kali terjadi selama bulan Februari 2017 di kawasan padat penduduk di wilayah "Kota Cantik" itu.

Disdukcapil menyatakan siap memberikan bantuan terhadap para korban sesuai tugas dan fungsi dinas yang salah satunya dengan memberikan layanan prioritas dalam penerbitan surat kependudukan.