Mantri Tani Dinilai Berperan Penting Majukan Pertanian

id Barito Selatan, Barsel, Buntok, Mantri Tani,

Mantri Tani Dinilai Berperan Penting Majukan Pertanian

Ilustrasi (Istimewa)

Buntok (Antara Kalteng) - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Perikanan dan Perkebunan Barito Selatan, Kalimantan Tengah menilai tugas mantri tani berperan penting memajukan pertanian.

Kelapa Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Perikanan dan Perkebunan Barsel, Rusdaasyoqa, di Buntok, Selasa mengatakan, tugas mantri tani di lapangan sangat membantu dalam melakukan penyuluhan kepada para petani sehingga produksi pertanian di daerah ini bisa terus mengalami peningkatan.

Ia menjelaskan, selain menjadi penyuluh pertanian di lapangan, para mantri tani ini juga melaksanakan pekerjaan rangkap, yakni menjadi petani sekaligus sebagai penghimpun data.

"Kita akui, keberadaan mantri tani, sangat membantu terhadap pekerjaan kita, terutama menyangkut laporan data yang dihimpun mantri tani di lapangan,"ujar dia.

Sistem kerjanya, lanjutnya, yakni para PPL akan melaporkan kepada mantri tani tentang produktivitas pertanian, selanjutnya hasil laporan tersebut disampaikan kepada Badan Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan.

Ia berharap para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan mantri tani bisa bekerja dengan lebih baik supaya produktivitas pertanian bisa lebih meningkat.