Pj Bupati Barsel Harap Guru Bisa Buat Karya Tulis

id Barito Selatan, Barsel, Buntok, Karya Tulis, Mugeni

Pj Bupati Barsel Harap Guru Bisa Buat Karya Tulis

Penjabat Bupati Barsel, H. Mugeni (Foto Antara Kalteng)

Buntok (Antara Kalteng) - Penjabat Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Mugeni berharap semua guru di wilayah tersebut bisa membuat karya tulis ilmiah untuk kepentingan kenaikan pangkat dan golongan dalam bekerja.

"Hal ini hendaknya dapat dilakukan karena baru-baru ini kita telah melakukan pelatihan karya tulis ilmiah bagi para guru dan tak terkecuali pula Kepala Sekolah dan para Pengawas se Barsel," katanya di Buntok, Selasa.

Ia menyampaikan, pihaknya ingin semua tenaga pendidik di kabupaten Barito Selatan ini semakin pintar dan semakin terampil dalam menulis karya tulis ilmiah sesuai bidang yang digelutinya.

"Ini penting, karena karya tulis ilmiah salah satu syarat untuk kenaikan pangkat. Perbanyak menulis akan lebih bagus bagi seorang guru, terutama karya tulis ilmiah," ucap Mugeni.

Apalagi karya tulis ilmiah itu sistem penilaiannya semakin ketat. Jadi, kalau tidak mematuhi standar ilmiahnya otomatis tidak diakui karya tulisnya.

Oleh karena itu, guru jangan hanya bisa meminta para peserta didiknya agar pintar membuat sebuah tulisan ataupun belajar, tenaga pengajar juga hendaknya terampil dalam melahirkan karya tulis ilmiah.

"Jadi, gurunya harus lebih mumpuni. Apalagi di Kalteng ini lebih banyak budaya lisan dibandingkan tertulis, sehingga perlu dibuat dalam bentuk tulisan," tambah dia.

Ini penting, karena sebuah tulisan akan menjadi karya abadi dan akan lebih elok kalau guru itu memiliki sebuah karya tulis. Akan lebih baik manakala guru dapat melahirkan sebuah karya tulis dalam bentuk buku yang dapat dibaca sepanjang masa.