Bubuk Abate Disediakan Gratis Untuk Masyarakat Palangka Raya

id Palangka Raya, Andjar Hari P, Bubuk Abate Gratis, jentik nyamuk

Bubuk Abate Disediakan Gratis Untuk Masyarakat Palangka Raya

Plt Kadinkes Palangka Raya, Andjar Hari P (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah masih menyediakan bubuk abate gratis untuk masyarakat guna mencegah perkembangan jentik nyamuk penyebab demam berdarah pada masyarakat di daerah itu.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Andjar Hari P di Palangka Raya, Selasa mengatakan bahwa penyediaan bubuk abate itu bisa diperoleh secara gratis di puskesmas-puskesmas induk kota Palangka Raya.

Pmerintah kota telah menyediakan bubuk abate ini secara gratis tanpa ada dipungut biaya sepeserpun. Warga dapat meminta bubuk abate tersebut sesuai kebutuhan dan jika persediaan habis tidak ada larangan bagi mereka untuk meminta kembali di Puskesmas.

Saat ditanya, apabila ada sejumlah oknum Puskesmas yang memperjualbelikan bubuk abate ke masyarakat, Andjar mengatakan bahwa hal demikian di luar kendali pihaknya.

"Kita tidak mempunyai otoritas dalam memberikan sanksi tegas terhadap masalah pelanggaran tersebut, namun biar pihak kepolisian yang nantinya akan memproses sesuai dengan aturan dan ketentuan hukum yang berlaku," katanya.

Pihaknya juga tidak menutup diri apabila ada laporan masyarakat yang merasa diminta membeli bubuk abate oleh oknum Puskesmas segera laporkan.

"Saya minta masyarakat jangan ragu dan takut apabila ada menemukan kasus tersebut, segera laporkan ke pihak Dinkes maupun pihak kepolisian setempat. Dan perlu diingat, pemerintah kota telah menyediakan bubuk abate secara gratis tanpa ada di pungut biaya untuk masyarakat setempat," kata Andjar.