Polresta Siapkan Ratusan Spanduk Sosialisasikan Karhutla

id palangka raya, polresta palangka raya, akbp lili warli, karhutla

Polresta Siapkan Ratusan Spanduk Sosialisasikan Karhutla

Kapolresta Palangka Raya, AKBP Lili Warli (tengah) saat memberikan paparan dalam acara FGD pencegahan karhutla di Palangka Raya, Rabu (22/2). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Kepolisian Resor Kota Palangka Raya telah menyiapkan ratusan spanduk dalam rangka semakin meningkatkan upaya pencegahan terhadap kebakatan hutan dan lahan di wilayah Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah ini.

"Untuk spanduk kita telah siapkan sekitar 124 buah yang akan kita pasang diberbagai sejumlah wilayah di Palangka Raya. Saya telah perintahkan Bhabinkamtimbas di 30 kelurahan untuk meningkatkan kegiatan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat terkait upaya pencegahan Karhutla," kata Kapolres Palangka Raya AKBP Lili Warli di Palangka Raya, Rabu.

Selain itu, Lili di sela acara "focus group discussion" langkah antisipasi pencegahan karhutla di wilayah hukum Polres Palangka Raya, pihaknya juga telah menyiapkan berbagai alat peraga sosialisasi dan larangan membakar hutan berupa stiker.

Dihadapan para peserta dia juga meminta para Kapolsek di wilayah "Kota Cantik" fokus pada pemadaman jika mengetahui adanya hutan atau lahan yang terbakar.

"Untuk kapolsek lebih fokus pada penanganan Karhutla. Jika ada titik api dibanding persoalan lain yang tidak mendesak maka fokus pemadaman. Jika titik api tak segera dipadamkan berpotensi semakin membesar sehingga lebih sulit dipadamkan," katanya.

Dia juga mengatakan, pihak kecamatan juga diharapkan segera membentuk tim terpadu dengan struktur mengacu pada tim terpadu tingkat kota.

"Kami juga mengajak masyarakat juga dapat berperan aktif dalam melakukan antisipasi kebakaran hutan dan lahan sehingga bencana kabut asap yang terjadi pada 2015 tidak terulang lagi tahun ini," katanya.

Pihaknya, melalui tim Satgas Gakkum Karhutla Polres Kota Palangka Raya serta jajaran kepolisian yang lain ditingkat Polsek siap melakukan penegakan secara profesional terhadap para pelaku.

Sementara itu, peserta dalam acara yang digelar di aula pertemuan Polres Palangka Raya itu diantaranya, para Kapolsek, lurah, perwakilan TNI dan sejumlah instansi pemerintah kota terkait lainnya.