Kades Linon Besi Buat Surat Mengundurkan Diri, Ada Apa Ya?

id Barito Utara, Barut, Muara Teweh, Kades Linon Besi, kades, Kecamatan Gunung Purei

Kades Linon Besi Buat Surat Mengundurkan Diri, Ada Apa Ya?

Logo Pemkab Barito Utara

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Kepala Desa Linon Besin II Kecamatan Gunung Purei Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah Arbani membuat surat pengunduran diri dari kepala desa yang ditujukan kepada Bupati melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Desa setempat tertanggal 6 Pebruari 2007.

"Kami kecewa, karena dalam surat itu, dasar pengunduran diri kades demi keamanan dan keselamatan diri dan keluarga," kata warga Desa Linon Besi II, Didi Rosell ketika berada di Muara Teweh, Rabu.

Warga Desa Linon Besi II Didi Rosell didampingi Sadar selaku mantir (kepala adat) desa mempertanyakan sikap kepala desa karena dapat menimbulkan persepsi lain dan kecurigaan warga.

Alasan pengunduran diri ini yakni demi keamanan dan keselamatan diri dan keluarga serta hal-hal lain menyangkut kepentingan Desa Linon Besi II itu dinilai terlalu berlebihan.

"Padahal masyarakat tidak ada masalah apa-apa terhadap Kades. Kami menyayangkan kenapa di tulis kalimat sedemikian pada surat pernyataan pengunduran diri tersebut," katanya.

Sementara Camat Gunung Purei Bahrum Girsang ketika dikonfirmasi mengatakan, benar ada permasalahan di Desa Linon Besi II. Tapi semua pihak sudah dikumpulkan. Kades Arbani batal mengundurkan diri.

"Kades tidak jadi mundur. Saya sudah konfirmasi. Alasannya hanya karena ada keributan waktu bekerja," kata Camat Gunung Purei itu.

Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Barito Utara Sugianto Panala Putra mengakui pihaknya telah menyarankan kepada kades Linon Besi II, supaya jangan mengundurkan diri. Pihak desa diminta tetap profesional menyelesaikan masalah yang terjadi di wilayahnya.

"Kalau ada masalah untuk segera melakukan Kordinasi kepada Camat dan BPMD dan di imbau agar masyarakat di desa saling bersinergi demi kemajuan desanya sendiri," kata Sugianto.