Salut! Dispora Kotim Latih Pemuda Membuat Kerupuk Jelawat

id Kotawaringin Timur, Kotim, Sampit, Dispora Kotim, Kerupuk Jelawat, Najmi Fuadi

Salut! Dispora Kotim Latih Pemuda Membuat Kerupuk Jelawat

Salah satu kelompok peserta pembuatan kerupuk ikan jelawat terlihat serius, Rabu (22/2/17). Pelatihan itu dilaksanakan Dinas Pemuda dan Olahraga Kotim (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Peluang pasarnya masih besar sehingga masih sangat menjanjikan. Kendalanya mungkin pada bahan bakunya yaitu terbatasnya ikan jelawat...
Sampit (Antara Kalteng) - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, melatih puluhan pemuda membuat kerupuk ikan jelawat sebagai bekal keterampilan merintis usaha.

"Kami memilih pelatihan membuat kerupuk ikan jelawat karena ikan jelawat merupakan ikon daerah ini. Jadi selain peluang usaha, ini juga untuk mendukung program pariwisata karena pemerintah daerah bertekad menjadikan Sampit sebagai kota tujuan wisata," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kotawaringin Timur, Najmi Fuadi di Sampit, Rabu.

Pelatihan diikuti pramuka, mahasiswa, Karang Taruna, KNPI dan organisasi kepemudaan lainnya. Sejumlah narasumber dihadirkan sebagai instruktur pelatihan.

Najmi mengatakan, masyarakat harus memiliki keterampilan agar bisa memanfaatkan peluang yang ada. Pemuda diharapkan menjadi penggerak ekonomi di masyarakat dengan kemampuan yang dimiliki.

Kerupuk jelawat bisa menjadi peluang usaha yang bisa mengangkat ekonomi masyarakat. Apalagi kerupuk ini berbahan dasar ikan khas Kotawaringin Timur sehingga sangat membantu dalam pemasaran.

"Peluang pasarnya masih besar sehingga masih sangat menjanjikan. Kendalanya mungkin pada bahan bakunya yaitu terbatasnya ikan jelawat, tapi itu nanti pasti ada solusinya karena pembudidayaan jelawat terus dilakukan oleh instansi terkait," kata Najmi.

Rudi, salah satu peserta mengaku senang bisa ikut pelatihan tersebut. Keterampilan yang didapat bisa menjadi bekal untuk mencoba menjajaki peluang usaha kerupuk jelawat.

"Saya berharap ini terus didukung pemerintah daerah supaya berkelanjutan dan benar-benar dapat melahirkan pelaku usaha baru. Ini sangat bermanfaat," kata Rudi.

Dinas Pemuda dan Olahraga sudah membuat banyak program untuk peningkatan sumber daya manusia, khususnya keterampilan para pemuda. Harapannya akan banyak lahir pemuda yang menjadi pelaku usaha sukses dan menciptakan peluang kerja bagi masyarakat lainnya.