Bupati Seruyan Nilai Pelayanan Puskesmas Makin Baik

id Seruyan, Kuala Pembuang, Bupati Seruyan, Sudarsono, pelayanan puskesmas makin baik

Bupati Seruyan Nilai Pelayanan Puskesmas Makin Baik

Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah, Sudarsono (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika )

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah, Sudarsono menilai pelayanan kesehatan yang diberikan Puskesmas kabupaten setempat sudah semakin baik.

"Secara umum pelayanan kesehatan yang diberikan puskesmas sudah cukup baik," kata Sudarsono di Kuala Pembuang, Rabu.

Ia menyebutkan, salah satu Puskesmas yang sudah cukup baik dalam memberikan pelayanan kesehatan adalah Puskesmas Pembuang Hulu Kecamatan Hanau, yang setiap harinya rata-rata melayani hingga 30 orang warga untuk datang berobat.

"Selain dokter umum, di Puskesmas Pembuang Hulu juga ada dokter gigi sehingga pelayanan medis sudah cukup tersedia," katanya.

Bahkan Puskesmas Pembuang Hulu diproyeksikan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng sebagai peserta lomba puskesmas terbaik tingkat nasional 2017.

"Puskesmas Pembuang Hulu ini sudah beberapa kali dilirik provinsi untuk bisa diikutkan lomba puskesmas berprestasi tingkat nasional," katanya.

Meski pelayanan medis yang diberikan sudah cukup bagus, namun orang nomor satu di "Bumi Gawi Hatantiring" ini mengakui, fasilitas atau peralatan kesehatan di puskesmas masih terdapat kekurangan.

"Karena itu kita minta Dinas Kesehatan untuk mengusulkan penambahan alat-alat kesehatan puskesmas agar pelayanan yang diberikan semakin baik," katanya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Seruyan, Mahdiniansyah mengatakan, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, pihaknya sudah mengusulkan bantuan tenaga medis ke Kementerian Kesehatan untuk di tempatkan pada puskesmas yang berada di pelosok.

Dari 12 Puskesmas di Seruyan masih ada empat Puskesmas yang masih belum ada dokter, yakni Puskesmas Tumbang Langkai Kecamatan Suling Tambun, Puskesmas Tumbang Manjul Kecamatan Seruyan Hulu, Puskesmas Rantau Pulut II Kecamatan Seruyan Tengah dan Puskesmas Danau Sembuluh Kecamatan Danau Sembuluh.

"Kemudian, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dasar masyarakat, kita juga telah merekrut tujuh orang dokter kontrak dan 10 orang paramedis yang akan ditempatkan pada sejumlah puskesmas dan Puskesmas Pembantu," katanya.