Pleno Rekapitulasi Suara Pilkada Barsel Dijaga Ketat

id barito selatan, pleno rekapitulasi suara pilkada barsel, pilkada barsel, kpu barsel

Pleno Rekapitulasi Suara Pilkada Barsel Dijaga Ketat

Kapolres Barsel, AKBP Yussak Angga (kiri). (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Kepala Daerah Barito Selatan, Kalimantan Tengah dijaga ketat aparat kepolisian dan TNI.

Pantauan Antara di Buntok, Rabu, pada saat rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara sejumlah aparat kepolisian dan TNI berjaga jaga di sekitar kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten itu.

"Kita mengerahkan setengah kekuatan dalam mengamankan rapat pleno di kantor KPU Barito Selatan ini," kata Kapolres Barito Selatan, AKBP Yussak Angga.

Ia menjelaskan, kekuatan yang akan diturunkan dalam mengamankan tahapan pasca Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) ini berjumlah sebanyak 147 orang personel.

"Untuk mekanismenya, personel yang mangamankan tahapan tersebut merupakan anggota Polres Barsel," ucap Yussak Angga.

Sedangkan personel yang di-BKO akan tetap difungsikan dalam upaya untuk mengamankan setiap kegiatan lainnya seperti patroli termasuk pengamanan pada obyek vital.

"Personel yang BKO akan difungsikan untuk mengamankan setiap kegiatan dan mengamankan obyek vital lainnya seperti sekretariat masing-masing pasangan calon," jelas Kapolres.

Selain itu ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk terus menjaga suasana kondusif setelah pelaksanaan pemilihan kepala daerah Barito Selatan.

Menurut dia, pihaknya juga meminta agar kondisi yang sudah terjaga dengan baik ini, jangan sampai berubah keadaaanya menjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa merugikan dan mengganggu ketenangan di masyarakat.

Berdasarkan hasil pleno rekapitulasi penghitungan suara KPU Barsel, pasangan calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Barito Selatan H Eddy Raya Samsuri-Satya Titiek Atyani Djoedir (Erat) unggul dibandingkan pasangan HM Farid Yusran-Sukanto (Faris).

Total perolehan suara pasangan calon H Eddy Raya Samsuri-Satya Titiek Atyani Djoedir (Erat) sebanyak 37.399 suara, sedangkan pasangan calon HM Farid Yusran-Sukanto (Faris) meraih 35. 426 suara.