Hebat! Pembalap Sampit Unjuk Prestasi di Regional Kalimantan

id kotawaringin timur, sampit, pembalap sampit, Muhammad Amin,

Hebat! Pembalap Sampit Unjuk Prestasi di Regional Kalimantan

Muhammad Amin atau akrab disapa Atetet saat menerima penghargaan juara I dalam fun race di Sirkuit Balipat, Binuang Kalimantan Selatan pada akhir pekan lalu. (Istimewa)

Sampit (Antara Kalteng) - Pembalap asal Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Muhammad Amin berhasil menunjukkan prestasi membanggakan di ajang balap motor regional Kalimantan.

"Muhammad Amin, pembalap asal Sampit berhasil membawa pulang piala bergengsi kelas bebas berupa tropi bergilir dan piagam," kata Agus, pendamping pembalap asal Sampit, Kamis.

Muhammad Amin atau akrab disapa Atetet mengikuti kejuaraan Fun Race Seri 2 Kawasaki Ninja Club Se Kalimantan di Sirkuit Balipat, Binuang Kalimantan Selatan pada 18 hingga 19 Februari 2017 lalu. Event itu diikuti pembalap-pembalap terbaik masing-masing provinsi di Kalimantan.

Sebanyak 52 pembalap motor Ninja Sport 150 cc 2 tak dan 250 cc 4 tak mengikuti kejuaraan itu. Pembalap beradu menjadi yang tercepat di sirkuit dengan panjang lintasan 1,8 km dengan tujuh kali putaran yang diperlombakan.

KNC Region Kalimantan Tengah mengirim tiga pembalap dengan motor Ninja 250 cc. Yakni Ayieb dari KNC Kapuas, Sahril dari KNC Kapuas dan Muhammad Amin atau Atetet 555 dari KNC Sampit.

Balapan dibagi dalam enam race, yakni tiga race untuk 250 cc penyisihan, satu race untuk kelas 150 cc 2 tak, satu race final kelas 250 cc dan satu race final kelas bebas.

Sahril dan Atetet melewati race pertama dengan hasil balapan yaitu Atetet juara 1 dan Sahril juara 5 sehingga memastikan mereka masuk ke final 250 cc. Sementara itu Ayieb yang berada di race dua tidak masuk ke final setelah sepeda motornya keluar lintasan kedua akibat masalah pada rem belakang.

Saat race final 250 cc, Atetet dan Sahril bersaing dengan 13 pembalap lainnya. Atetet KNC finish di urutan ke 2, sedangkan juara 1 diraih pembalap dari KNC Amuntai dan juara 3 dari KNC Rantau Kalimantan Selatan.

Setelah istirahat selama satu jam, balapam dilanjutkan race kelas yang paling tinggi dan bergengsi, yaitu race kelas bebas, antara Ninja 150 cc 2 tak melawan Ninja 250 cc 4 tak yang memperebutkan piala bergilir. Race final tersebut di ikuti sembilan pembalap, terdiri dari empat motor Sport Ninja 150 cc 2 tak dan lima motor Sport Ninja 250 cc 4 tak.

Saat start, Atetet mendapat posisi di nomor 7. Ketika akan memasuki putaran ke dua, Atetet berhasil menyalip pembalap di depannya dan menjadi urutan ke dua. Di putaran ke dua sampai putaran ke lima, persaingan sengit terjadi antara Atetet dengan pembalap KNC Amuntai yang menggunakan Ninja 2 tak.

"Saat akan memasuki putaran ke enam, Atetet KNC Sampit yang nama aslinya Muhammad Amin berhasil menyalip pembalap di depannya dan terus memimpin hingga akhir putaran ke tujuh dan finish di depan menjadi juara satu dengan disusul pembalap dari KNC Amuntai Ninja 4 tak dan pembalap KNC Barabai Ninja 2 tak," tambah Agus.

Prestasi yang ditorehkan Atetet membanggakan Kotawaringin Timur dan Kalimantan Tengah. Tahun 2016 lalu, Muhammad Amin alias Atetet berhasil menjadi juara 1 kelas 250 cc dan juara 2 di kelas bebas dalam Fun Race Seri 1 yang diikuti 120 pembalap, yang juga digelar di Sirkuit Balipat, Binuang.

Kini pembalap bertalenta mumpuni itu mempersiapkan diri untuk mengikuti event serupa di sirkuit yang sama namun levelnya nasional karena pesertanya berasal dari berbagai provinsi pada April nanti. Muhammad Amin berharap bisa mendapat sponsor untuk mengikuti event bergengsi tersebut.