Wow! ADD Barito Selatan Capai Rp 64, 014 Miliar Untuk 86 Desa

id Barito Salatan, Barsel, Buntok, ADD Barito Selatan 2017, Alokasi Dana Desa, Dana Desa

Wow! ADD Barito Selatan Capai Rp 64, 014 Miliar Untuk 86 Desa

Ilustrasi (Istimewa)

Buntok (Antara Kalteng) - Alokasi Dana Desa (ADD) yang diperuntukan bagi 86 desa di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, pada tahun 2017 ini sebesar Rp64, 014 miliar.

"Pada tahun 2017 ini, alokasi dana yang diperuntukan bagi desa tersebut mengalami penambahan dari tahun sebelumnya,"kata Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan masyarakat dan Desa, Supriadi AS, di Buntok, Kamis.

Ia mengatakan, pada tahun 2016 yang lalu dana tersebut dialokasikan sebanyak 8 persen dari dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kabupaten Barito Selatan.

Sedangkan pada tahun 2017 ini lanjut dia, persentase dananya ditingkatkan menjadi 10 persen dari APBD Barito Selatan yang diperuntukan bagi 86 desa di wilayah setempat.

"Meningkatnya persentase alokasi dana tersebut, karena sesuai dengan Undang-Undangnya yang mengharuskan 10 persen,"ucap dia.

Bahkan lanjut Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan masyarakat dan Desa itu didaerah kabupaten lainnya sudah ada yang mengalokasikan dana tersebut hingga mencapai 15 persen dari APBD.

"Selain ADD, pemerintahan desa juga mendapatkan Dana Desa (DD) yang dikucurkan pemerintah pusat dan untuk tahun 2017 ini Barsel mendapatkan sebesar Rp 69, 302 miliar,"ujarnya.

Oleh karena itu ia meminta seluruh pemerintahan desa di wilayah setempat agar terus mempelajari dan terus berhati-hati serta teliti dalam pengelolaannya ADD maupun DD.

"Karena penggunaan ADD maupun DD, ada mekanismenya dan tentu penggunaaannya harus dipertanggungjawabkan dengan baik dan benar,"demikian Supriadi AS.