Bartim-Palangka Raya Jajaki Kerjasama Dibidang Pertanian

id Barito Timur, Bartim, Tamiang Layang, Palangka Raya, Bupati Bartim, Ampera AY Mebas, Riban Satia

Bartim-Palangka Raya Jajaki Kerjasama Dibidang Pertanian

Bupati Bartim Ampera AY Mebas (kiri) menyerahkan cindera mata kepada Wali Kota Palangka Raya, HM Riban Satia saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bartim, Kamis (23/2/17) malam (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antara Kalteng) - Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah HM. Riban Satia melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Barito Timur, dalam rangka melihat potensi daerah setempat untuk dikerjasamakan. 

Bupati Bartim, Ampera AY Mebas, di Tamiang Layang, Jumat mengatakan, setelah melihat potensi daerah di Bartim, Wali Kota Palangka Raya, HM Riban Satia beserta rombongan menilai bahwa potensi di sektor pertanian sangatlah berpeluang yang besar jika ingin dikembangkan. 

"Tindak lanjutnya nanti, Wali Kota Palangka Raya memerintahkan asisten dan kepala dinas teknis yang akan ke Bartim lagi untuk menjajaki kerjasama di sektor pertanian," ungkap Ampera.

Sektor pertanian yang bisa dikerjasamakan antara lain, penyediaan beras dan daging sapi. Ini karena Bartim merupakan salah satu kabupaten di Kalteng sebagai penyuplai beras atau surplus beras. Selain itu juga kerjasama di bidang perkebunan. 

"Di Palangka Raya ada pabrik karet. Ini juga bisa dikerjasamakan dimana karet merupakan salah satu komoditi andalan selain beras. Karet bisa di jual di Palangka Raya sehingga menguntungkan untuk Kalteng," katanya. 

Selain itu, tambah pria kelahiran 3 Agustus itu, melihat potensi Palangka Raya sebagai kota pusat pendidikan di Kalteng, maka bisa diambil kerjasama di bidang pendidikan.

"Tidak perlu lagi menuntut ilmu sampai jauh-jauh.  Kalau sesama warga Kalteng akan lebih mudah mengawasinya," ungkapnya lagi. 

Wali Kota Palangka Raya, HM Riban Satia mengatakan, pihaknya melakukan kujungan kerja ke berbagai daerah diantaranya di Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Balangan dan Tabalong yang berada di Provinsi Kalimantan Selatan. 

Sedangkan di Kalimantan Tengah, baru Kabupaten Bartim dan Barsel. Tujuan kunker ini untuk melihat potensi daerah agar bisa dikembangkan dan dikerjasamakan untuk kepentingan masyarakat. 

Dari pantauan Antara,  Rombongan Wali Kota bersama para kepala dinas dan DPRD Palangka Raya disambut ramah tamah di aula rumah jabatan Bupati Bartim dan makan bersama. 

Pagi jumat, sekitar pukul 06.30 Wib diadakan olah raga bersama dan dilanjutkan dengan melihat potensi  dalam di Kabupaten Bartim seperti Bangi Wa'o yang menjadi pusat penangkaran sapi.

Pukul 09.00 Wib, diadakan rapat kerja bersama antara jajaran Pemerintah Kabupaten Bartim dan Pemko Palangka Raya.