Gapoktan Seruyan Terima Bantuan Bibit Buah

id seruyan, bantuan bibit buah, gapoktan seruyan, sugian noor

Gapoktan Seruyan Terima Bantuan Bibit Buah

Bibit pohon durian. (pusatbibitdurian.com)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Sejumlah gabungan kelompok tani yang berada di Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah menerima bantuan berupa bibit tanaman buah-buahan.

"Bantuan bibit buah-buahan tersebut berasal dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Seruyan, Sugian Noor di Kuala Pembuang, Sabtu.

Sugian yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) mengatakan, empat gabungan kelompok tani (Gapoktan) penerima bantuan berasal dari dua desa di Kecamatan Seruyan Hilir Timur, yakni Desa Kartika Bhakti Trans Unit I dan Desa Bangun Harja Trans Unit II.

"Adapun bantuan yang diberikan, 1.760 bibit durian, 800 bibit jengkol, 240 bibit petai dan 4.000 bibit cempedak. Selain bibit, kita juga menyerahkan bantuan empat mesin produksi pisang," katanya.

Ia berharap, batuan yang telah diberikan pemerintah dapat dikelola dan dimanfaatkan dengan baik oleh Gapoktan sehingga dapat mendorong peningkatan peningkatan produktivitas pertanian yang beragam.

DKPP juga akan terus melakukan evaluasi serta memberikan penilaian terhadap Gapoktan yang benar-benar serius dan sukses mengelola bantuan yang dibuktikan dengan produktivitas dari bantuan yang diberikan, sehingga ke depan Distanak dapat mengarahkan bantuan kepada Gapoktan yang bersangkutan.

"Karena itu, Gapoktan penerima bantuan agar dapat mengelola bantuan tersebut dengan baik, yang ditunjukkan lewat keberhasilan pengelolaan bantuan. Jika kelompok tani tidak serius maka ke depannya tidak kami beri bantuan lagi," katanya.