Parpol di Daerah Berperan Wujudkan Demokrasi yang Bertanggung Jawab

id sukamara, parpol di daerah bupati sukamara, ahmad dirman, partai politik

Parpol di Daerah Berperan Wujudkan Demokrasi yang Bertanggung Jawab

Bupati Sukamara H Ahmad Dirman. (Foto Antara Kalteng/Gusti Jainal)

Sukamara (Antara Kalteng) - Bupati Sukamara H Ahmad Dirman mengatakan keberadaan partai politik di daerah sangat berperan dalam mewujudkan demokrasi yang menjunjung tinggi kebebasan yang bertanggungjawab dan dalam koridor.

"Dalam implementasinya partai politik sebagai sarana partisipasi politik masyarakat dalam mengembangkan kehidupan demokrasi menjunjung tinggi kebebasan yang bertanggung jawab dan tetap dalam koridor partai politik itu sendiri," kata Dirman di Sukamara.

Menurutnya, tujuan khusus parpol antara lain meningkatkan partisipasi masyarakat dalam rangka menyelenggarakan politik dan pemerintahan, memperjuangkan cita-cita partai politik dan membangun etika dan budaya politik dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Harus diakui dalam setiap kesempatan dalam rangka konsolidasi organisasi pada momentum strategis seperti musyawarah, baik nasioanal, daerah, cabang maupun yang lainnya tidak sedikit parpol menyerahkan daya dan dana untuk membangun komitmen dengan elit-elit partai yang merupakan dari bagian pendidikan politik.

Selain itu, peranan para pemimpin parpol didaerah dalam mewujudkan demokrasi yang baik di daerah memang sangat penting karena pada setiap pemilihan pimpinan Parpol, penerus rekrutmen kader Partai yang akan diterjunkan dalam gelanggang politik harus mampu menjalankan misi organisasi dan bisa menjadi modal dan penggerak pembaharuan di daerah.

Untuk Kabupaten Sukamara sendiri yang terus melakukan pembangunan sangat membutuhkan partisipasi seluruh komponen masyarakat, khususnya seluruh anggota parpol yang ada terutama SDM pemikir dengan ide-ide yang faktual untuk pembangunan, dan para pengabdi yang tulus sehingga pembangunan dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Dikatakannya, dalam penyelenggaraan pembangunan pemerintah daerah dengan program pembangunannya menempatkan pendidikan, kesehatan dan pembenahan infrastruktur serta pengentasan kemiskinan merupakan program yang menjadi prioritas utama.

Selain itu sukses tidaknya pembangunan prioritas utama tersebut tidak lepas dari partisipasi masyarakat atau semua pihak, termasuk didalamnya peran serta kader-kader partai politik dalam mengkritisinya.

"Ssekecil apapun kontribusi yang diberikan kepada masyarakat akan memiliki nilai yang berarti apabila dilandasi dengan pengabdian yang tulus," ucap Dirman.