Kades dan BPD Selalu Koordinasi Dengan Pejabat Lebih Tinggi, Kata Bupati Ini

id sukamara, bupati sukamara, ahmad dirman, kades dan BPD di sukamara

Kades dan BPD Selalu Koordinasi Dengan Pejabat Lebih Tinggi, Kata Bupati Ini

Bupati Sukamara H Ahmad Dirman. (Istimewa)

Sukamara (Antara Kalteng) - Bupati Sukamara H Ahmad Dirman terus mengingatkan kepada perangkat desa terutama kepala Desa (Kades) untuk selalu berkoordinasi dengan pejabat yang lebih tinggi seperti camat, kepala dinas dan bupati.

"Saya tidak bosan-bosannya terus mengingatkan kepada seluruh aparat desa, terutama kepala desa untuk selalu melakukan koordinasi terkait banyak permasalahan yang timbul di wilayah desa, karena masih ada aparatur desa seperti Kades atau anggta Badan Permusyawatan Desa (BPD) yang kurang memahami tugasnya," katanya.

Menurutnya, selama beberapa tahun terakhir banyak kepala desa yang tersandung masalah hukum, karena kurang paham tentang tata kelola keuangan desa, apalagi untuk anggaran Dana Desa (DD) kabupaten sangat besar, oleh karena kalau kurang paham koordinasi sangat penting sekali.

Selain itu, permasalahan yang ada di desa hendaknya kepala desa selaku pemimpin di desa selalu bermusyawarah dengan aparatur desa. Akan tetapi kalau belum dapat diselesaikan hendaknya minta bantuan camatnya dan kalau tidak dapat diselesaikan juga hendaknya dikoordinasikan dengan Bupati.

"Koordinasi dipandang sangat diperlukan untuk menyelesaikan masalah terlebih lagi terhadap permasalahan pembangunan yang dilaksanakan dipedesaan  sehingga diperlukan koordinasi secepatnya agar pembangunan dapat berjalan sesuai dengan harapan," pinta Dirman.

"Saya juga berharap kepada Kepala desa dan BPD kalau ada permasalahan yang timbul terlebih lagi terhadap permasalahan pembangunan agar diambil langkah-langkah dengan mengedepankan pendekatan secara kontinyu melalui musyawarah, apalagi permasalahan tersebut bersentuhan langsung dengan masyarakatnya," lanjutnya.

Dikatakannya, masalah pembangunan yang bersentuhan dengan hak-hak masyarakat diperlukan pendekatan-pendekatan, hal ini dilakukan agar pembangunan yang dilaksanakan  mendapat dukungan dari masyarakat.

"Tidak ada permasalahan yang ada tidak dapat dipecahkan melalui musyawarah, oleh karena itu betapa sangat pentingnya musyawarah. Dan Pembangunan sendiri harus didukung oleh semua pihak termasuk masyarakat, kerna peran serta masyarakat dalam pembangunan sangat membantu dari proses pembangunan itu sendiri," tegasnya.