Barcelona Rilis Aplikasi Avast Wi-Fi Finder Untuk Android

id Borneo, Avast Wi-Fi Finder, Android, Perangkat-perangkat Internet, Jaringan Wi-Fi

Barcelona Rilis Aplikasi Avast Wi-Fi Finder Untuk Android

Ilustrasi.

Jakarta (Antara Kalteng) - Avast pada Mobile World Congress 2017 Barcelona merilis aplikasi Avast Wi-Fi Finder untuk Android.

Aplikasi ini membantu pengguna melindungi jaringan dan perangkat-perangkat Internet of Things (IoT) nya.  

Avast Wi-Fi Finder juga memindai jaringan Wi-Fi secara otomatis untuk mencari kelemahan-kelemahan perangkat yang terkoneksi. Hasilnya, pengguna dapat mengatasi masalah-masalah keamanan yang mereka temukan.

Misalnya, saat perangkat IoT terkoneksi ke internet, semua  orang secara virtual dapat mengidentifikasi tipe, merek, perangkat lunak, dan alamat IP untuk ‘mengira-ngira’ lokasi.

Ketika terkoneksi ke Wi-Fi, Avast Wi-Fi Finder mencari tahu perangkat mana yang terkoneksi ke jaringan, selanjutnya aplikasi melakukan evaluasi keamanan router – dari entry point hingga ke jaringan – dan mengidentifikasi kelemahan-kelemahan yang ada pada perangkat yang terkoneksi tersebut.   

Setelah kerentanan teridentifikasi, Avast Wi-Fi Finder akan menuntun pengguna dengan instruksi-instruksi remediasi, seperti membuat password yang kuat untuk memperkuat keamanan jaringan dan perangkat yang digunakan.

"Para peretas kini lebih mahir dalam memanipulasi perangkat yang terkoneksi untuk memata-matai pengguna, mencuri informasi rahasia atau menggunakan perangkat sebagai senjata cyber untuk melakukan serangan masal.  Pengguna perlu menerapkan langkah-langkah keamanan yang ekstrem ketika mengkoneksikan perangkat mereka ke sebuah jaringan Wi-Fi," kata Gagan Singh, SVP & GM, Mobile Avast dalam siaran pers Avast.

Avast Wi-Fi Finder berguna untuk :
  1. Mengidentifikasi koneksi Wi-Fi yang tercepat dan teraman
  2. Meningkatkan kecepatan berselancar tanpa mengorbankan keamanan dan data pribadi.
  3. Mengevaluasi keamanan Wi-Fi dengan menilai kekuatan password router dan menemukan kelemahan-kelemahan
  4. Mengidentifikasi perangkat-perangkat yang terkoneksi ke jaringan Wi-Fi tertentu untuk menemukan perangkat “unauthorized” yang terhubung
  5. Melakukan pemindaian untuk menemukan perangkat yang mudah diserang dan memperbaiki masalah-masalah keamanan.
Update Avast Wi-Fi Finder untuk pengguna android akan  tersedia pada musim panas 2017 sekitar bulan Juli – Agustus.