Bupati Ini Kerahkan Ratusan ASN Untuk Bersihkan Sampah

id Kotawaringin Timur, Kotim, Sampit, Bupati Kotim, Supian Hadi, Borneo, ASN

Bupati Ini Kerahkan Ratusan ASN Untuk Bersihkan Sampah

Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Supian Hadi (Istimewa)

Kegiatan ini untuk menggugah kembali kesadaran ASN dan masyarakat untuk membersihkan lingkungan. Kalau kesadaran sudah terbangun dan kita semua membuang sampah pada tempatnya, saya yakin daerah kita pasti bersih dan sehat,"
Sampit (Antara Kalteng) - Ratusan aparatur sipil negara (ASN) dikerahkan untuk membantu membersihkan sampah di sejumlah kawasan di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

"Kegiatan ini untuk menggugah kembali kesadaran ASN dan masyarakat untuk membersihkan lingkungan. Kalau kesadaran sudah terbangun dan kita semua membuang sampah pada tempatnya, saya yakin daerah kita pasti bersih dan sehat," kata Bupati H Supian Hadi di Sampit, Jumat.

Aksi bersih-bersih lingkungan ini dilaksanakan dalam rangka Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2017. Kegiatan dipusatkan di Taman Kota Sampit dan sekitarnya.

ASN perwakilan dari seluruh satuan kerja perangkat daerah membersihkan selokan dan di sekitar Taman Kota. Sementara itu, Satuan Polisi Pamong Praja membersihkan lapak bekas pedagang kaki lima karena dinilai menimbulkan kesan kumuh.

Supian juga menyoroti genangan air di bagian tengah Taman Kota. Dia menginstruksikan instansi terkait untuk membenahinya agar tidak sampai menimbulkan kerusakan yang lebih parah.

Terkait kebersihan lingkungan, dia mengajak seluruh masyarakat untuk membersihkan lingkungan, setidaknya di sekitar rumah masing-masing. Selain mencegah banjir akibat drainase tersumbat sampah, pembersihan lingkungan juga mencegah mewabahnya berbagai penyakit seperti demam berdarah, diare dan lainnya.

"Makanya saya terus mengatakan, piala Adipura itu bukan target utama kita. Yang ingin kita capai adalah tertanamnya kesadaran masyarakat kita untuk membersihkan lingkungan supaya derajat kesehatan meningkat," kata Supian.

Secara khusus Supian memerintahkan kepada seluruh ASN untuk rutin bergotong-royong membersihkan lingkungan. ASN harus mengajak dan memberi contoh kepada masyarakat untuk membersihkan lingkungan.