Akselerasi Pembangunan Lamandau Untuk Kesejahteraan Rakyat

id lamandau, kalimantan tengah, Bupati lamandau, marukan

Akselerasi Pembangunan Lamandau Untuk Kesejahteraan Rakyat

Bupati Lamandau Ir Marukan MAP. (Foto Humas Lamandau)

Nanga Bulik (Antara Kalteng) - Bupati Lamandau Ir Marukan MAP mengatakan sebagai daerah hasil pemekaran tahun 2002, langkah Pemerintah Kabupaten Lamandau untuk melakukan akselerasi pembangunan, untuk mengejar daerah lain, merupakan bagian upaya meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Akselerasi dimaksud, lanjutnya, yakni terus mengembangkan daerah agar lebih maju sebanding dengan daerah lain yang sudah lebih dahulu maju. Oleh karena itu upaya penggarapan potensi harus terus dilakukan, agar hasilnya benar-benar dapat menunjang keberadaan daerah.

"Dengan potensi kekayaan sumber daya alam (SDA) yang berlimpah, serta dengan ditunjang pembangunan yang serasi, seimbang dan terpadu antar sektoral menjadi paduan yang harus dilakukan. Dengan demikian maka pembangunan menjadi efisien dan efektif menuju tercapainya kemandirian daerah," ungkapnya.

Dipaparkannya, pengembangan SDA dan kekayaan daerah dapat diwujudkan dalam berbagai produk unggulan daerah yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Penilaian produk yang bernilai ekonomis tinggi ditentukan oleh pasar.

Selain itu, sebutnya, harus pula memberikan iklim usaha yang kondusif bagi peningkatan investasi. Tujuan akhirnya dapat secara langsung menggerakkan kapasitas ekonomi kerakyatan, serta diharapkan mengangkat taraf hidup masyarakat.

Diungkapkannya, guna mencapai tujuan menggerakkan aktivitas ekonomi kerakyatan yang konkret dan mandiri, diperlukan komitmen dan dukungan kerjasama yang erat dari semua stake holder pembangunan yang ada di Bumi Bahaum Bakuba.

Pemekaran daerah, urainya, diantaranya memiliki misi untuk kesejahteraan, sehingga pemda harus mampu menyediakan pelayanan publik bagi masyarakat lokal secara efektif, efisien dan ekonomis. Pembentukan daerah pada dasarnya dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan publik, guna mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat.