Pengusaha Jangan Ragu Tanam Modal di Lamandau, Kata Bupati

id lamandau, bupati lamandau, investasi di lamandau, kalimantan tengah

Pengusaha Jangan Ragu Tanam Modal di Lamandau, Kata Bupati

Kehadiran investor diperlukan daerah untuk menstimulasi perekonomian daerah dan salah satu sumber pembiayaan pembangunan daerah. (Foto Antara Kalteng/Musa Reban)

Nanga Bulik (Antara Kalteng) - Investor yang menanamkan modalnya di wilayah Kabupaten Lamandau diharapkan jangan ragu-ragu, karena kondisi daerah stabil, tidak ada gejolak berarti yang dapat menghambat iklim berusaha.

Bupati Lamandau, Ir Marukan MAP, mengatakan, jaminan kepada investor selalu diberikan agar pelaksanaan investasi di Bumi Bahaum Bakuba berjalan baik. Jaminan akan diberikan dengan satu syarat, yakni kegiatan yang dilaksanakan tidak bertentangan dengan peraturan yang berlaku.

Dikatakannya, pihaknya menjamin semua aktivitas penanaman modal di wilayah kabupaten Lamandau. Dengan jaminan tersebut, diharapkan para pemilik modal (yang belum masuk dan sudah masuk) tidak ragu lagi berinvestasi.

"Saya tegaskan, kami menjamin kondisi aman, tentram dan damai bagi penanam modal, asalkan kegiatan yang dilaksanakan tidak bertentangan dengan peraturan yang berlaku. Stabilitas daerah yang mantap diharapkan memacu penanaman dan pengembangan modal investor," tegasnya. 

Sebab, urainya, disadari bahwa untuk membangun Kabupaten Lamandau sejajar dengan daerah lain tidak bisa hanya dilakukan pemerintah, namun perlu dukungan sektor dunia usaha (pengusaha) dan masyarakat. Tanpa kedua dukungan tersebut, kemajuan tidak akan berhasil.

Karena sudah diberikan jaminan, sebutnya, para pengusaha diingatkan untuk tetap komit terhadap kewajiban maupun kesepakatan yang sudah dibuat antara pemerintah (Pemda) dengan pengusaha. Kesepakatan tersebut diantaranya, komitmen terhadap ketaatan pada peraturan perundang-undangan termasuk kewajiban membayar pajak dan royalti.

Juga, konservasi dan rehabilitasi lingkungan, merekrut tenaga kerja lokal, kontribusi pendapatan asli daerah (PAD) melalui sumbangan pihak ketiga (SPK), pembangunan dan peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan, serta penerapan community development (CD).
 
Salah satu sumber pembiayaan yang sangat potensial untuk menggerakkan sektor perekonomian adalah para investor. Investor (baik dalam maupun luar negeri), merupakan potensi sumber dana segar, tambahnya.