Pemkab Seruyan Segera Terapkan Smart City

id seruyan, smart city untuk seruyan, bupati seruyan, sudarsono, kalimantan tengah

Pemkab Seruyan Segera Terapkan Smart City

Bupati Seruyan Sudarsono. (Foto Antara Kalteng/Fahrian Adriannoor)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah segera menerapkan program smart city atau konsep kota pintar untuk mendorong percepatan pembangunan di kabupaten tersebut.

"Program smart city rencana akan mulai kita terapkan tahun ini," kata Bupati Seruyan Sudarsono di Kuala Pembuang, Minggu.

Ia menjelaskan, penerapan program smart city di Seruyan bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia, dan saat ini pihak PT Telkom telah memulai pemasangan jaringan di masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang ada di jajaran Pemkab Seruyan.

"Sedangkan untuk desa dan kelurahan akan mulai diterapkan mulai pertengahan 2017," katanya.

Smart city yang diaplikasikan dalam electronic office (e-office) mengkoneksikan semua jaringan perkantoran ke dalam satu jaringan yang dipusatkan di kantor bupati, dan dengan mengoneksikan seluruh jaringan maka berbagai pekerjaan, khususnya komunikasi semua kantor, dinas akan menjadi lebih cepat dan lebih mudah.

"Gambarannya semua kantor, kecamatan, desa dan keluarahan akan terkoneksi dalam satu jaringan, sehingga sebagai masing-masing SKPD khususnya kepala daerah bisa memantau perencanaan dan pelaksanaan program secara online," katanya.

Menurutnya, program smart city sudah terbukti sukses dapat mendorong percepatan pembanguann di beberapa kota di Indonesia, salah satunya adalah di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur yang telah menerapkan smart city sejak tiga tahun lalu.

Selain mendorong percepatan pembangunan, smarty city ke depannya juga akan mendorong terwujudkan keterbukaan informasi publik, karena smart city akan menyediakan aplikasi yang memungkinkan masyarakat umum untuk mengetahui apa yang akan, sedang dan sudah dilakukan pemerintah.

"Intinya dengan menerapkan smart city, kita berharap pembangunan yang dilakukan Pemkab Seruyan dapat menjadi lebih baik dan lebih cepat," katanya.