FTKP Tanjung Puting Promosi Melalui Pelatihan Menulis

id kotawaringin barat, tanjung puting, taman nasional tanjung puting di kobar, FKTP tanjung puting, kalimantan tengah

FTKP Tanjung Puting Promosi Melalui Pelatihan Menulis

Pelatihan menulis perjalanan wisata diselenggarakan Forum Tata Kelola Pariwisata (FTKP) Taman Nasional Tanjung Puting, Senin (13/3/2017), sebagai upaya meningkatkan promosi dan publikasi wisata (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Segala yang ditulis akan lebih abadi
Pangkalan Bun (Antara Kalteng) - Forum Tata Kelola Pariwisata (FTKP) Taman Nasional Tanjung Puting terus berupaya meningkatkan promosi dan publikasi wisata melalui pelatihan menulis perjalanan wisata.

"Pelatihan ini diikuti sejumlah pihak baik siswa, tour operator (agen perjalanan wisata), pelaku wisata termasuk sejumlah jurnalis dari sejumlah media," kata pelaksana acara penulisan FTKP Tanjung Puting, Soraya Weldina Ragil Dien di Pangkalan Bun, Senin.

Pelatihan yang digelar tiga hari mulai Senin (13/3) hingga Rabu (15/3) diikuti sekitar 20 peserta ini bertujuan untuk membentuk kelompok kerja serupa yang juga bertujuan semakin mengenalkan berbagai potensi wisata di Taman Nasional Tanjung Puting di kancah nasional bahkan internasional melalui tulisan perjalanan wisata.

Menurut wanita berhijab ini, masih banyak potensi wisata di TN Tanjung Puting dan daerah sekitarnya yang belum tergali maksimal.

Untuk itu, pelatihan ini juga untuk memperkenalkan potensi lain yang belum tergali di Pangkalan Bun, Kabupaten Kobar khususnya, dan potensi yang ada wilayah tetangga seperti Kabupaten Seruyan.

Wanita yang juga berprofesi sebagai "program officer destination development and marketing" Swissscontact ini menambahkan saat ini pihaknya juga telah melakukan promosi melalui berbagai media sosial termasuk di website www.visittanjungputing.com.

Fantris MS selaku penulis yang menjadi pemateri mengatakan tulisan merupakan salah satu media yang paling tepat untuk mengenalkan, mempromosikan potensi atau keadaan agar dikenal banyak orang.

"Segala yang diucap akan menguap. Segala yang ditulis akan lebih abadi," kata Fantris.

Sementara itu sebelumnya pihak Taman Nasional (TN) Tanjung Puting, Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah kali ini hadir di pameran pariwisata terbesar dunia, yakni Internasionale Tourismus-Borse (ITB) Berlin, Jerman pada 8-12 Maret 2017.

Menurutnya, berdasarkan informasi yang didapat bahwa masih banyak wisatawan asing belum mendapatkan informasi yang memadai tentang tujuan daerah wisatanya. Rata-rata wisatawan itu hanya mengandalkan buku panduan umum serta internet atau rekomendasi dari kerabatnya.

Kegiatan tersebut dalam rangka mendukung terpenuhinya target 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di tahun 2019. Indonesia aktif mengikuti bursa pasar pariwisata internasional setaraf ITB Berlin yang diikuti oleh tak kurang dari 10.000 peserta dari 180 negara, 168.000 pengunjung, serta 600 top buyer potensial dari 5 benua.

Gencarnya promosi wisata di kancah internasional ini diharapkan dapat mendukung peningkatan jumlah wisatawan ke destinasi. Data yang dirilis oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia menunjukkan bahwa hingga penghujung tahun 2016, 12.023.971 wisman telah berkunjung dan mencatatkan peningkatan sebesar 15,54% dibanding tahun sebelumnya.