Putra-Putri Kapuas Bersaing Rebut Gelar Jagau Linga dan Bawi Kameloh

id kapuas, jagau linga, bawi kameloh, duta pariwisata, kalimantan tengah

Putra-Putri Kapuas Bersaing Rebut Gelar Jagau Linga dan Bawi Kameloh

Peserta pemilihan Jagau Linga dan Bawi Kameloh Kabupaten Kapuas saat pengambilan profil di kawasan bindaran besar Kapuas, Senin sore. (Foto Antara Kalteng/Ahmad Effendi)

Kuala Kapuas (Antara Kalteng) - Sebanyak 30 peserta putra putri terbaik di Kabupaten Kapuas akan bersaing memperebutkan gelar Jagau Linga dan Bawi Kameloh, yang akan menjadi Duta Pariwisata 2017 Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.

Kecakapan wawasan, pengetahuan dan penampilan diantaranya yang jadi penilaian dewan juri.  "Wawasan dan pengetahuan mengenai kepariwisataan dan budaya daerah diantaranya yang akan jadi penilaian, " kata Karolin Narang salah satu panitia kegiatan, Senin (13/3/2017). 

Ditemui di kawasan bundaran besar Kapuas saat pembuatan video profil masing masing peserta, Karolin yang merupakan anggota Asosiasi Duta Wisata Indonesia (Adwindo) Kapuas ini menjelaskan bahwa penyelenggaraan kali ini ada perbedaan. 

"Untuk pertama kalinya pemilihan duta pariwisata Kapuas tahun ini menggunakan istilah pemilihan Jagau Linga dan Bawi Kameloh sebagai ciri khas daerah Kapuas," jelasnya. 

Digelar dalam rangka HUT Kabupaten Kapuas, mulai Selasa (14/3/2017) dilaksanakan unjuk bakat peserta dan pada Rabu (15/3/2017) malam babak final, yang akan dilaksanakan di gedung kesenian Gandang Garantung Kuala Kapuas. 

"Selama dua malam mereka akan berusaha mengumpulkan poin untuk menjadi yang terbaik dan mendapatkan gelar tersebut dan berhak mewakili Kapuas pada ajang tingkat Provinsi Kalimantan Tengah bulan Mei mendatang," ucapnya.