Bantuan Pengupas Udang Ebi Bermanfaat Bagi Nelayan Sukamara

id sukamara, udang ebi, pengupas udang ebi, bupati sukamara, kalimantan tengah

Bantuan Pengupas Udang Ebi Bermanfaat Bagi Nelayan Sukamara

Ilustrasi - Udang ebi. (tokopedia.com)

Sukamara (Antara Kalteng) - Mesin pengupas udang ebi yang berasal dari bantuan pemerintah untuk kelompok nelayan sudah dimanfaatkan dengan baik, sehingga terasa manfaatnya dalam memproses dan mengolah hasil tangkapannya.

Bupati Sukamara H Ahmad Dirman mengatakan bantuan yang diberikan kepada masyarakat khususnya kelompok para nelayan tersebut memang tujuannya untuk dimanfaatkan dengan baik, karena itu para nelayan agar menjaga dan memelihara alat tersebut dengan baik.

"Saya melihat sendiri betapa bantuan itu dimanfaatkan dengan baik oleh para nelayan, karena alat ini sangat bermanfaat. Tentu kita berharap para nelayan dapat menjaga dan merawat serta memanfaatkan alat tersebut dengan sebaik-baiknya," kata Dirman di Sukamara, Kalimantan Tengah.

Menurutnya, apa yang diberikan pemerintah tentu sudah dipikirkan dengan baik dan tentu dapat membawa kebaikan bagi para nelayan sehingga dengan dibantu dengan peralatan tersebut diharapkan para nelayan dapat mengolah hasil tangkapannya dan dari situ diharapkan dapat meningkatkan perekonomian keluarganya.

Menurut Alwi, salah seorang nelayan mengatakan dengan menggunakan serta memanfaatkan sarana bantuan tersebut, hasil yang diperoleh lebih banyak bila dibandingkan yang dilakukan para nelayan secara manual, selain itu pemanfaatan waktu juga sangat jauh berbeda, sehingga bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi para nelayan.

"Bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi kami, sehingga dengan adanya bantuannya tersebut hasil produksi pun lebih baik bila dibandingkan dengan cara dilakukan secara manual," kata Alwi

Diungkapkannya, adanya alat tersebut sungguh memberikan dampak yang sangat baik bagi para nelayan guna meningkatkan hasil serta mutu sehingga hasil produksi lebih baik, dan ini sangat mempengaruhi terhadap harga ebi yang akan dijual. 

Sedangkan untuk mengolah ebi dengan menggunakan alat tersebut melalui beberapa proses antara lain hasil tangkapan berupa udang ebi sebelum diproses dengan mesin pengupasan terlebih dahulu dijemur sampai kering.

Kemudian, kalau udang sudah kering barulah udang tersebut dimasukkan kedalam alat tersebut dan ini dilakukan beberapa menit agar kulit udang terlepas dari dagingnya. Setelah itu udang dikeluarkan dari alat tersebut kemudian dilakukan pemisahan antara udang dan kulitnya dengan cara ditampi dengan napan.

Hasil dari pengupasan udang ebi dengan mesin, harganya lebih tinggi. Harga untuk udang ebi yang agak besar lebih tinggi dibandingkan dengan harga udang ebi yang kecil sehingga dapat memberikan keuntungan yang lebih besar bagi nelayan. Selain itu udang yang sudah menjalani proses pengupasan bisa juga langsung dimakan karena memang sudah matang.