Wabup Bartim : Musrenbang untuk Efektifkan Perencanaan Pembangunan Daerah

id Barito Timur, Bartim, Tamiang Layang, Wakil Bupati Barti, Suriansyah, Musrenbang

Wabup Bartim : Musrenbang untuk Efektifkan Perencanaan Pembangunan Daerah

Wakil Bupati Bartim H Suriansyah SKM saat memimpin Musrenbang Kabupaten Barito Timur didampingi Sekda Ir Eskop dan Kepala Bappeda, Panahan Moehtar di aula Bappeda, Selasa (14/3/17). (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antara Kalteng) - Wakil Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, H. Suriansyah mengatakan, musrenbang kabupaten merupakan langkah untuk mengefektifkan dan mengoptimalkan perencanaan pembangunan dimasa yang akan datang khususnya di daerh itu.

"Hasil musrenbang di tingkat kecamatan kembali ditampung dan diolah untuk efektif dan optimal sehingga menjadi perencanaan membangun kabupaten Bartim," kata Suriansyah di aula Bappeda, Selasa.

Dia menjelaskan, musrenbang memiliki peranan penting dan strategis dalam mengefektifitaskan dan mengoptimalisasikan proses perencanaan pembangunan daerah, terutama dalam meningkatkan konsistensi dan singkronisasi kebijakan, pencapaian, tujuan dan sasaran dan kegiatan pembangunan daerah. 

Segala aspirasi mulai dari musrenbang desa hingga kecamatan disimpulkan dan dirumuskan menjadi sebuah program pembangunan yang prioritas pada tujuan anggaran 2018 sesuai dengan kebutuhan masyarakat. 

Dalam musrenbang kabupaten ini juga terjadi singkronisasi program pembangunan antara desa/kelurahan, kecamatan dengan kabupaten serta provinsi Kalimantan Tengah, sehingga realisasi kegiatan pembangunan pada suatu daerah benar - benar sesuai kebutuhan dan usulan masyarakat.

"Mengingat keterbatasan dana pembangunan daerah maka rencana program dan kegiatan pembangunan untuk tahun 2018 hendaknya diplah dan dipilih menurut skala prioritas," katanya. 

Menurutnya, berkaitan masalah anggaran bukanlah untuk mengesampingkan keberadaan usulan kecamatan dan organisasi perangkat daerah (OPD), tetapi untuk mengingat kapasitas anggaran yang masih terbatas.