Dinkes Seruyan Siagakan Petugas Pasca Banjir

id Seruyan, Kuala Pembuang, Pasca Abanjir, Banjir, Dinkes Seruyan, Mahdiniansyah

Dinkes Seruyan Siagakan Petugas Pasca Banjir

Pekarangan rumah penduduk digenangi air (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Dinas Kesehatan Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah menyiagakan petugas kesehatan pasca banjir yang melanda puluhan desa di sejumlah kecamatan di kabupaten tersebut.

"Kita menyiagakan petugas di pusat-pusat layanan kesehatan untuk mengantisipasi ancaman kesehatan yang muncul terhadap korban banjir," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Seruyan Mahdiniansyah di Kuala Pembuang, Selasa.

Ia menyebutkan, ada beberapa penyakit yang sering muncul pasca banjir, seperti diare, demam berdarah dengue (DBD), infeksi saluran pernafasan (ISPA), demam serta berbagai penyakit kulit.

"Dengan menyiagakan petugas kesehatan maka diharapkan apabila ada korban yang terserang penyakit maka dapat segera ditangani," katanya.

Menurutnya, sejak hingga berakhirnya banjir di 22 desa di Kecamatan Danau Seluluk, Kecamatan Batu Ampar dan Kecamatan Hanau, tidak ada temuan penyakit serius yang diderita oleh warga korban banjir.

"Belum ada lonjakan penyakit yang diderita warga korban banjir. Hanya ada kasus diare yang menyerang anak-anak, namun jumlah penderitanya cuma sedikit, dan anak-anak yang menderita diare juga sudah ditangani dengan baik," katanya.

Ia menambahkan, meski sejauh ini kondisi kesehatan warga korban banjir tergolong baik, namun Dinkes Seruyan akan terus melakukan pemantauan di lapangan terkait kesehatan warga korban banjir.

"Persediaan obat-obatan masih mencukupi, dan Dinkes melalui Puskesmas akan terus memantau sejauh mana perkembangan serta penerapan layanan kesehatan terhadap warga korban banjir," katanya.

Selain, memantau kesehatan korban banjir, petugas kesehatan juga diminta aktif untuk melakukan sosialisasi tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan untuk mencegah munculnya penyakit pasca banjir.

"Menjaga kebersihan lingkungan serta makanan yang dikonsumsi sangat efektif untuk mencegah korban banjir terserang berbagai penyakit," katanya.