Lelang Jabatan Diharapkan Hasilkan Pejabat Seruyan Berkualitas

id seruyan, bupati seruyan, sudarsono, lelang jabatan seruyan, lelang jabatan, kalimantan tengah

Lelang Jabatan Diharapkan Hasilkan Pejabat Seruyan Berkualitas

Bupati Seruyan, Sudarsono. (Foto Antara Kalteng/Fahrian A.)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah Sudarsono berharap proses lelang jabatan yang dilaksanakan panitia seleksi dapat menghasilkan pejabat berkualitas guna mendorong percepatan pembangunan di kabupaten tersebut.

"Kita berharap nanti penjabat yang dihasilkan dari lelang jabatan mempunyai kualifikasi yang baik serta berkualitas sehingga dapat melaksanakan tugas dengan baik sesuai dengan program yang dicanangkan pemerintah," kata Sudarsono di Kuala Pembuang, Rabu.

Orang nomor satu di "Bumi Gawi Hatantiring" ini menegaskan, sebagai kepala daerah dirinya tidak akan mengintervensi setiap proses atau tahapan lelang jabatan yang telah menjadi kewenangan pihak panitia.

"Saya sudah sampaikan, sebagai bupati, saya tidak akan mengintervensi sedikitpun terhadap pelaksanaan lelang jabatan, dan pejabat yang terbaik pasti akan mendapat kesempatan," katanya.

Menurutnya, pelaksanaan lelang jabatan merupakan langkah yang diambil oleh Pemkab Seruyan untuk mengikuti regulasi yang telah ditetapkan. Lelang jabatan adalah mekanisme yang wajib dilakukan pemerintah daerah dalam hal mengisi pos jabatan yang ada di struktur birokrasi sesuai dengan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Apabila lelang jabatan ini dilakukan secara konsisten dan professional, maka yang paling diuntungkan adalah masyarakat Seruyan, karena pejabat yang menduduki jabatan adalah mereka yang berkualitas, dan membawa kemajuan bagi Seruyan," katanya.

Sekretaris Panitia Seleksi Lelang Jabatan Tinggi Pratama Seruyan, Hartono mengatakan, lelang jabatan pratama setingkat eselon II di jajaran Pemkab Seruyan diikuti 47 peserta.

Adapun sembilan jabatan yang dilelang, yakni Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana.

Kemudian Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Satu Pintu, Dinas Perhubungan, serta Asisten I Sekretariat Daerah.

"Seluruh tahapan proses lelang jabatan ini diperkirakan selesai pada 20 Maret 2017," katanya.