Luhut Pandjaitan: Tuntut Perusak Terumbu Karang

id Borneo, Terumbu Karang raja 4, Papua, kandasnya Kapal, Luhut Binsar Pandjaitan

Luhut Pandjaitan: Tuntut Perusak Terumbu Karang

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. (ANTARA/M. Agung Rajasa/P003)

Purwakarta (Antara Kalteng) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan bahwa Pemerintah Republik Indonesia berpeluang menuntut ganti rugi dan menindak kapal pesiar MV Caledonian Sky yang merusak sekira 1.600 meter persegi terumbu karang di Raja Ampat, Papua, pada 4 Maret 2017.

"Kita memiliki peluang kuat untuk menuntut ganti rugi dan menindak," katanyadi sela-sela kunjungan kerja ke Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Rabu.

Ia mengatakan, pihaknya membentuk satu tim untuk menangani persoalan tersebut. Tim itu bertugas untuk datang ke lokasi kejadian.

"Persoalannya ini bukan luas terumbu karangnya, tapi karangnya itu sangat langka," demikian Luhut Pandjaitan.Image result for ANTARA Foto kerusakan Raja Ampat

Terumbu karang di Raja Ampat itu mengalami kerusakan diawali dari masuknya kapal pesiar MV Caledonian Sky berbobot 4.200 GT yang berbendera Bahama dan dinakhodai Kapten Keith Michael Taylor pada 3 Maret 2017.

Kapal tersebut membawa 102 turis dan 79 anak buah kapal (ABK) sempat mengelilingi kawasan Raja Ampat untuk mengamati keanekaragaman burung dan menikmati pementasan seni. Para penumpang kembali ke kapal pada siang hari 4 Maret 2017.

Kemudian, kapal itu melanjutkan perjalanan ke Bitung pada pukul 12.41 WIT. Di tengah perjalanan menuju Bitung, MV Caledonian Sky kandas di atas sekumpulan terumbu karang di Raja Ampat.

Untuk mengatasi hal tersebut, Kapten Keith Michael Taylor merujuk pada petunjuk Global Positioning System (GPS) dan radar, tanpa mempertimbangkan faktor gelombang maupun kondisi alam lainnya.

Saat kapal itu kandas, sebuah kapal penarik (tug boat) TB Audreyrob Tanjung Priok tiba di lokasi untuk menariknya, namun awalnya tidak berhasil karena MV Caledonian Sky terlalu berat.

Kapten Taylor terus berupaya untuk menjalankan kapal Caledonian Sky hingga akhirnya berhasil kembali berlayar pada pukul 23.15 WIT pada 4 Maret 2017. Hal itu berdampak merusak terumbu karang mencapai luas 1.600 meter persegi.
Image result for ANTARA Foto kerusakan Raja Ampat
Bongkahan koloni karang yang rusak disebabkan kandasnya Kapal MV Caledonian Sky 
berbendera Bahama di perairan Raja Ampat, Papua Barat, Sabtu (4/3/2017). Tim 
Peneliti Sumber Daya Laut Universitas Papua, Conservation International, 
The Nature Conservancy, Pemerintah Kabupaten Raja Ampat mendata 
bahwa kerusakan terumbu karang akibat kandasnya Kapal 
MV Caledonian Sky diperkirakan seluas 13.533 meter persegi
dan memusnahkan setidaknya delapan genus terumbu karang berusia ratusan tahun. 
(ANTARA FOTO/HO/Pemda Kabupaten Raja Ampat)