Ayo! Pemkab Kobar Tingkatkan Promosi "Istana Mangku Bumi"

id Kotawaringin Barat, Kobar, Pangkalan Bun, Istana Mangku Bumi

Ayo! Pemkab Kobar Tingkatkan Promosi "Istana Mangku Bumi"

Pengunjung asal Bali, Uli saat memotret foto bangunan Istana Mangkubumi di sela kegiatan menulis perjalanan wisata di Pangkalan Bun (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah, diharapkan menggencarkan promosi objek wisata sejarah Istana Mangku Bumi.

"Kami berharap pemerintah dapat semakin gencar mempromosikan keberadaan istana ini sehingga semakin dikenal masyarakat luas," kata Juru Pelihara, Istana Mangku Bumi, M Abdul Rahma di Pangkalan Bun, Rabu.

Melalui peningkatan promosi ini diharapkan jumlah kunjungan wisatawan lokal maupun dari luar daerah semakin meningkat.

Terlebih istana yang dibangun sekira tahun 1850 ini telah menjadi bagian dari wisata sejarah yang harus terus dikenalkan agar tak semakin lekang akibat perubahan zaman.

Untuk media promosi, menurut dia, bisa melalui kerja sama agen perjalanan, biro wisata maupun melalui media baik cetak, elektronik serta media sosial yang dikelola pemerintah.

Meski demikian dia menilai perhatian pemerintah dari segi pengelolaan dan pemeliharaan cukup memadai.

"Biasanya bantun dari pemerintah dilakukan ketika memperbaiki bangunan yang rusak dan termasuk memberikan honor pada juru rawat," katanya.

Di bangunan yang berbahan kayu ini masih tersimpan sejumlah perabotan rumah tangga seperti guci, piring, gelas dan mangkok.

Selain itu juga terdapat beberapa senjata seperti keris, pedang dan tombak. Bahkan sejenis koper terbuat dari plat besi untuk penyimpan pakaian juga masih tersusun rapi.

Nina, salah satu pemandu wisata yang saat itu sedang berkunjung di istana itu mengajak masyarakat terutama generasi muda untuk turut melestarikan berbagai budaya yang ada.

"Masyarakat terutama generasi juga harus turut aktif mengenalkan berbagai potensi wisata yang ada. Minimal mem`posting` melalui media sosial yang dimiliki," katanya.