Relawan Pokja Media Siap Gencarkan Promosi Tanjung Puting

id Kotawaringin Barat, Kobar, Pangkalan Bun, Promosi Tanjung Puting, Pokja Media, Promosi Tanjung Puting

Relawan Pokja Media Siap Gencarkan Promosi Tanjung Puting

Relawan Pokja Media Tanjung Puting beserta peserta pelatihan menulis perjalanan wisata berfoto bersama disela acara yang digelar di Pangkalan Bun, Kabupaten Kobar (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Pangkalan Bun (Antara Kalteng) - Relawan kelompok kerja Media Tanjung Puting yang baru saja terbentuk siap menggencarkan promosi objek wisata kawasan Taman Nasional Tanjung Puting yang dikenal sebagai tempat rehabilitasi kera besar dunia.

Ketua Pokja Media Tanjung Puting, Zaenal Arifin di Pangkalan Bun, Kamis mengatakan, promosi yang dilakukan pihaknya melalui berbagai media baik sosial maupun elektronik.

"Saat ini kami tengah merintis promosi melalui berbagai media seperti tweeter, instagram, you tube, instagram dan media elektronik lainnya," kata pria berambut sebahu ini.

Selain itu, pokja media yang beranggotakan tujuh relawan pria dan wanita pelaku wisata ini juga telah menyusun program kerja yang akan dilaksanakan setahun ke depan.

"Anggota Pokja ini dilatarbelakangi dengan berbagai profesi seperti pemandu wisata, pelaku UKM dan ada juga dokter hewan," kata pria yang juga sebagai penyiar di salah satu radio di Pangkalan Bun ini.

Arif mengatakan, bergabungnya dirinya dan enam relawan lain tersebut karena memiliki persepsi dan keinginan yang sama yakni semakin mengenalkan potensi wisata Tanjung Puting yang wilayahnya mencakup beberapa kabupaten berbeda di Provinsi Kalimantan Tengah.

"Kegiatan ini bersifat relawan dan kami lakukan demi kemajuanTanjung Puting yang beberapa wilayahnya berada di Kabupaten Lamandau, Seruyan dan Kobar," katanya.

Karena, menurut dia, ketika wisata Tanjung Puting dan wisata lain di sekitarnya semakin dikenal maka jumlah wisatawan yang berkunjung pun akan meningkat dan akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Pokja Media Tanjung Puting sendiri berasa di bawah binaan Swisscontact yang merupakan lembaga non pemerintah dengan fokus pengembangan pertanian cacao dan pariwisata.

Program officer destination development and marketing Swissscontact, Soraya Weldina Ragil Dien menyatakan dengan terbentuknya Pokja tersebut diharapkan potensi wisata di kawasan Taman Nasional Tanjung Puting semakin dikenal masyarakat baik tingkat lokal, nasional bahkan mancanegara.