Bupati Gumas : Peranan Penyuluh Penting Dalam Meningkatan Hasil Pertanian

id Gunung Mas, Gumas, Kuala Kurun, Arton S Dohong, Bupati Gumas, Penyuluh Penting Dalam Meningkatan Hasil Pertanian

Bupati Gumas : Peranan Penyuluh Penting Dalam Meningkatan Hasil Pertanian

Buapti Gunung Mas (Gumas) Arton S Dohong. (Istimewa)

Kuala Kurun (Antara Kalteng) - Bupati Gunung Mas Arton S Dohong menyatakan peranan penyuluh sangat penting dalam meningkatkan hasil pertanian, perkebunan dan perikanan masyarakat setempat.

"Penyuluh selain memberikan ilmu pengetahuan, juga harus mampu memberikan semangat dan motivasi para petani sehingga berdampak terhadap kualitas produksinya. Karena itu peranannya cukup besar," katanya, di Kuala Kurun, beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, beberapa waktu lalu pihaknya juga telah mengumpulkan para penyuluh pertanian dan perkebunan. Hal itu dalam rangka merumuskan, menyusun, dan mensinkronkan rencana kerja program Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ruang lingkup Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Tahun 2017.

Menurutnya, kegiatan itu juga merupakan kesempatan untuk melakukan evaluasi program yang telah dilaksanakan pada 2016 lalu, sehingga diharapkan hasilnya nanti dapat meningkatkan kinerja para penyuluh dalam pembangunan, pertanian, peternakan dan perkebunan.

"Sekarang ini para penyuluh tidak hanya memerlukan ilmu pengetahuan, dan meningkatkan keterampilan, tapi juga motivasi untuk terus meningkatkan hasil produksinya. Karena itu para penyuluh juga harus kompak dan berinteraksi bersama masyarakat," ungkap Arton.