Sektor Pertanian Jadi Mata Pencaharian Utama Warga Seruyan

id Seruyan, Kuala Pembuang, Bupati Seruyan, Sudarsono, Sektor Pertanian, Kalimantan Tengah, Kalteng

Sektor Pertanian Jadi Mata Pencaharian Utama Warga Seruyan

Bupati Seruyan, Sudarsono (Foto Antara Kalteng/Fahrian A)

Itu yang saya maksud serius menjadikan pertanian sebagai mata pencaharian utama sehingga lahan pertanian yang luas tidak sempat menjadi lahan tidak produktif,"
Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah Sudarsono mendorong sektor pertanian sebagai salah satu mata pencaharian utama bagi masyarakat di kabupaten tersebut.

"Bagi masyarakat yang ingin bertani, maka seriusi usaha tersebut dan jadikan pertanian itu sebagai mata pencaharian utama," katanya di Kuala Pembuang, Jumat.

Ia mengatakan, sebagai kabupaten hasil pemekaran Kabupaten Kotawaringin Timur, Seruyan memiliki potensi lahan sangat luas dan subur yang dapat menunjang aktivitas pertanian.

Namun, saat ini banyak masyarakat di Seruyan yang hanya menjadikan pertanian sebagai aktivitas sekadarnya saja, padahal apabila benar-benar ditekuni, sektor pertanian dapat menjadi mata pencaharian utama dan penggerak ekonomi masyarakat.

"Jadikan lahan pertanian yang luas itu sebagai mata pencaharian utama, sehingga bertani bukan hanya setahun atau dua tahun sekali, namun sepanjang tahun," katanya.

Ia menambahkan, dengan menjadikan pertanian sebagai mata pencaharian utama sepanjang tahun, maka masyarakat juga harus berpikir untuk menanam berbagai komoditas yang berbeda setiap kali selesai panen.

"Itu yang saya maksud serius menjadikan pertanian sebagai mata pencaharian utama sehingga lahan pertanian yang luas tidak sempat menjadi lahan tidak produktif," katanya.

Sementara kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Seruyan selama beberapa tahun terkahir telah berupaya untuk membangun sektor pertanian di "Bumi Gawi Hatantiring".

"Kita sudah sering turun ke lapangan dan berdiskusi dengan masyarakat untuk membangun pertanian sebagai salah satu sumber mata pencaharian utama," kata Kepala DKPP Seruyan Sugian Noor.

DKPP dalam berbagai kesempatan telah meminta masyarakat untuk menginventarisir berbagai kebutuhan yang diperlukan untuk menunjang aktivitas pertanian.

"Kita akan upayakan membantu sesuai dengan kapasitas yang ada, dan kita akan mengupayakan berbagai bantuan baik dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) maupun Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)," katanya.