Palu Rejo Barito Selatan Krisis Air Bersih

id barito selatan, desa palu rejo, krisis air, air bersih, kalimantan tengah

Palu Rejo Barito Selatan Krisis Air Bersih

Ilustrasi - Krisis air bersih. (heibogor.com)

Buntok (Antara Kalteng) - Warga Desa Palu Rejo, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengalami krisis air bersih.

Untuk memenuhi kebutuhan air sehat, warga setempat harus membuat sumur darurat atau menggunakan air sungai yang ada sekitar desa yang belum tentu dijamin higinisnya.

"Meski di daerah Barsel sedang musim hujan, akan tetapi di desa kami Palu Rejo ini jarang hujan sehingga kita krisis air bersih," kata salah satu warga Firman Manteng di Buntok, Minggu.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya berharap perhatian dari pemerintah kabupaten (Pemkab) Barito Selatan dan DPRD setempat agar bisa dicarikan solusi sehingga warga tidak krisis air bersih lagi.

Di tempat yang sama, Camat GBA Susupimiati membenarkan kondisi Desa Palu Rejo saat ini mengalami krisis air bersih.

Selama ini warga Palu Rejo yang merupakan transmigrasi asal Pulau Jawa dan Nusa Tenggara Timur (NTT) itu menggunakan air sumur galian untuk memenuhi keperluan sehari-harinya.

Ia mengharapkan kepada pemerintah kabupaten (Pemkab) Barito Selatan bisa menyikapi kondisi Desa Palu Rejo yang saat ini benar-benar mengalami krisis akan air bersih tersebut.

"Apakah nantinya dibuatkan semacam embung atau bagaimana sehingga warga desa tidak lagi krisis air bersih," demikian Susupimiati.