Waduh! 2 Sekolah Ini Batal Gelar UNBK?

id Seruyan, Kuala Pembuang, UNBK, dua sekolah batal UNBK, Kalimantan Tengah, Kalteng, UNBK Batal

Waduh! 2 Sekolah Ini Batal Gelar UNBK?

Foto Ilustrasi - UNBK (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Dua sekolah di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, batal menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) karena jaringan internet yang tidak memadai.

"Dua sekolah yang batal melaksanakan UNBK adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) I Hanau dan SMK Miftahussalam," kata Kepala Bidang Pengembangan Standar Pendidikan Nasional Dinas Pendidikan Seruyan Rusmiansyah di Kuala Pembuang, Senin.

Sebelumnya, hasil verifikasi di lapangan menyatakan dua sekolah tersebut sebenarnya sudah didukung peralatan yang memadai untuk melaksanakan UNBK.

"Berdasarkan hasil verifikasi akhir dan kita diminta melaporkan persiapan terakhir untuk pelaksanaan UNBK, kedua sekolah ini terpaksa urung melaksanakan UNBK tahun ini, karena jaringan internet yang masih belum mendukung di kecamatan Hanau," katanya.

Selain terkendala jaringan internet, penerapan UNBK juga belum bisa dilakukan karena banyak sekolah di Seruyan yang belum dilengkapi fasilitas penunjang UNBK seperti laboratorium dan perangkat komputer, sehingga akhirnya ujian hanya dapat digelar dengan berbasis kertas.

Ia menambahkan untuk 2017 pelaksanaan UNBK di Seruyan hanya dapat dilaksanakan di tiga sekolah di Kuala Pembuang yakni SMAN I Kuala Pembuang, SMK Negeri Seruyan dan SMP Negeri I Kuala Pembuang.

Tiga sekolah penyelenggara UNBK itu sudah tiga kali melakukan simulasi UNBK dipantau langsung oleh tim dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Seluruh simulasi yang sudah dilaksanakan semuanya berjalan dengan lancar dan kita berharap mudah-mudahan pada pelaksanaan ujian nantinya juga tidak ada kendala," katanya.