DPRD Barito Timur Minta PT ISA Respon Keluhan Masyarakat

id dprd bartim, barito timur, PT ISA, jalan rusak, kalimantan tengah

DPRD Barito Timur Minta PT ISA Respon Keluhan Masyarakat

Ariantho S Muller ST. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antara Kalteng) - Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah Ariantho S Muller ST meminta perusahaan sawit PT Indopenta Sejahtera Abadi (ISA) untuk memberikan respon atas keluhan warga Kecamatan Paju Epat terkait rusaknya jalan di wilayah mereka. 

"Kita dari DPRD berharap pihak perusahaan juga bisa respon terhadap masalah ini dan dapat melakukan perbaikan dan perawatan kepada jalan di maksud," ungkap Ariantho di Tamiang Layang, Selasa. 

Menurutnya, apa yang dikatakan masyarakat ada benarnya. Sebab, informasi tersebut telah disampaikan masyarakat ke DPRD Barito Timur, Kalimantan Tengah. 

"Apa yang dikatakan warga itu betul karena sebelumnya memang ada informasi dari warga setempat bahwa pengangkutan yang melalui jalan tersebut menyebabkan kerusakan jalan," terang politisi PKPI itu. 

Diberitakan sebelumnya, salah satu warga Desa Siong, Raedy Andrang, Minggu mengatakan, angkutan truk tersebut beroperasi rutin tiap hari dalam jumlah banyak dengan melintasi jalan Murutuwu rute Tamiang Layang - Murutuwu. 

"Antara 10 sampai 15 unit tiap hari melintasi jalan umum dari arah tamiang menuju lokasi perusahaan di Desa Siong, kecamatan Paju Epat," ungkapnya. 

Menurutnya, siapa saja boleh melintasi jalan umum tapi harus melihat kondisi dan situasi jalan setempat. Jalan Murutuwu yang menghubungkan Ibukota Barito Timur dengan Kecamatan Paju Epat memiliki daya kapasitas hanya 6 ton. 

"Kalau dilewati oleh truk bermuatan 8 ton lebih serta berkonvoi maka mengakibatkan jalan rusak. Tolong perhatikan, kami juga selaku masyarakat setempat yang juga melintasi jalan tersebut," tegasnya. 

Menurutnya, dirinya bersama warga lainnya di Kecamatan Paju Epat berhak mendapatkan pelayanan Pemerintah setempat yang telah membangunkan jalan yang baik dan layak untuk dilewati. 

Dalam sebulan terakhir ini bisa dilihat kalau jalan dari Tamiang Layang hingga ke lokasi PT. ISA, sudah banyak yang rusak akibat angkutan melebihi tonase. 

"Ini faktanya. Kami yang memkliki rutinitas ke ibukota kabupaten untuk ke Pasar maupun berurusan pemerintahan menjadi terganggu akibat jalan rusak. Bahkan jika terjadi kecelakaan di jalan," katanya. 

Silahkan dilakukan pengecekan secara langsung dari Pemerintah Daerah maupun anggota DPRD Kabupaten Barito Timur. 

Hingga berita ini diturunkan, pihak perusahaan PT ISA masih belum bisa dikonfirmasi terkait keluhan masyarat tersebut.