Legislator Dukung Integrasi Jagung Lahan Perkebunan

id DPRD Seruyan, Seruyan, kuala pembuang, Ruswandi, Ahmad Ruswandi, kalimantan tengah, kalteng

Legislator Dukung Integrasi Jagung Lahan Perkebunan

Ketua DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Ahmad Ruswandi (Foto FB Ahmad Ruswandi)

Kita mendukung program tanam jagung terintegrasi perkebunan, baik itu perkebunan kelapa sawit maupun kelapa dalam,"
Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Ketua DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Ahmad Ruswandi mendukung program pertanian integrasi jagung di lahan perkebunan yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten setempat.

"Kita mendukung program tanam jagung terintegrasi perkebunan, baik itu perkebunan kelapa sawit maupun kelapa dalam," kata Ruswandi di Kuala Pembuang, Selasa.

Politisi PDI Perjuangan ini menilai, integrasi jagung dengan lahan perkebunan sangat bagus untuk memaksimalkan produktivitas lahan, karena saat ada banyak lahan perkebunan baik milik masyarakat maupun perusahaan yang dapat diintegrasikan dengan jagung sebagai tanaman sela.

"Kemudian integrasi jagung dengan lahan perkebunan sangat berpeluang untuk mendongkrak pendapatan petani," katanya.

Ia menambahkan, pihak DPRD juga akan berupaya untuk mendukung dari segi anggaran untuk mendorong suksesnya integrasi jagung di lahan perkebunan yang juga sudah menjadi program nasional.

"Intinya kita mendukung program integrasi jagung di lahan perkebunan sesuai dengan kapasitas yang kita miliki," katanya.

Sementara, Bupati Seruyan Sudarsono menyebutkan, untuk 2017 ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan telah merealisasi luas tanam jagung terintegrasi dengan perkebunan seluas 700 hektar.

Realisasi luas tanam jagung terintegrasi dengan perkebunan kelapa sawit mencapai 500 hektare yang tersebar di desa Baung, desa Jahitan dan desa Muara Dua Kecamatan Seruyan Hilir serta desa Telaga Pulang Kecamatan Danau Sembuluh dengan jumlah petani sebanyak 260 kepala keluarga (KK).

"Selain terintegrasi dengan perkebunan kelapa sawit, di desa Pematang Panjang dan desa Halimaung Jaya Kecamatan Seruyan Hilir Timur, tanam jagung diintegrasikan oleh masyarakat dengan perkebunan kelapa dalam seluas 200 hektare dengan jumlah petani sebanyak 156 KK," katanya.