DPRD Bartim Pelajari Cara Cetak Wirausahawan Pertanian dan Peternakan

id dprd bartim, barito timur, budi daya ikan, komisi II dprd bartim, rini, kalimantan tengah

DPRD Bartim Pelajari Cara Cetak Wirausahawan Pertanian dan Peternakan

Ketua Komisi II DPRD Barito Timur Rini bersama Komisi III saat melakukan kunjungan ke Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin pekan lalu. (Foto Bidang Informasi DPRD Barito Timur)

Tamiang Layang (Antara Kalteng) - Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah Rini mengatakan, pihaknya melakukan kunjungan kerja ke Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin pada pekan lalu untuk mempelajari cara mencetak wirausahawan di bidang pertanian, perikanan dan peternakan.

"Kami mengambil tujuan ke Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin karena Dinas tersebut mampu mencetak Wirausahawan dan hampir seratus orang lebih wirausahawan yang bergelut di budi daya jamur, holtikultura, perternakan itik (bebek), budi daya ikan gabus (haruan) bahkan sampai lobster," katanya di Tamiang Layang. 

Menurutnya, pihaknya tertarik untuk mempelajari kemudian bisa menerapkan dan menularkannya ke Kabupaten Barito Timur, karenak di Kabupaten Barito Timur adanya pola keramba dan kolam ikan dari dulu.

Sebagian warga sudah menggelutinya dan Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Timur pun telah memberikan support dengan menunjang program tersebut melalui Dinas terkait dengan memberikan bibit ikan. 

Tidak hanya memberikan bibit, katanya, namun Dinas terkait diharapkan lebih aktif dan secara kontinyu melalui PPL (Penyuluh) memberikan pelatihan-pelatihan dan memantau langsung kegiatan tersebut.

Dengan demikian, lanjutnya, program Pemerintah Daerah setempat bisa berhasil. Untuk itu, dalam waktu dekat ini, Komisi II bersama-sama Dinas teknis akan meninjau dan menemui langsung masyarakat yang bergelut usahanya di keramba dan kolam ikan.

"Kita sebagai mitra kerja Pemerintah memiliki tujuan yang sama yakni untuk mensejahterakan masyarakat yang kita cintai. Masukan yg kami dapat merupakan hal yang positif dan sangat bermanfaat ke depannya," ungkapnya.