Ini 4 Tersangka Pencuri Truk di Desa Tumbang Nusa

id Pulang Pisau, Pulpis, Polres Pulpis, 4 Tersangka Pencuri Truk di Desa Tumbang Nusa, tumbang nusa, kalimantan tengah, kalteng

Ini 4 Tersangka Pencuri Truk  di Desa Tumbang Nusa

4 tersangka diintrograsi setelah melakukan percobaan pencurian truk di Desa Tumbang Nusa, Kecamatan Jabiren Raya (Foto Antara Kalteng/Adi Waskito)

...masyarakat berhati-hati ketika singgah di warung karena apabila pemilik mobil lengah akibat sibuk mencari kunci kontak, maka langsung dibawa oleh para pelaku.
Pulang Pisau (Antara Kalteng) - Polres Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah berhasil menangkap Abdulah Gani alias Bambang Suharto, Erwino Ardianto, Syaiful Asyifak dan Silar Sanwiraji yang merupakan para pelaku pencurian truk pada Selasa (21/3) sekitar pukul 19.00 Wib di salah satu warung Jalan Trans Kalimantan, Desa Tumbang Nusa, Kecamatan Jabiren Raya.

Kasat Reskrimn Polres Pulang Pisau, AKP Iqbal Sengaji mengungkapkan keempat orang tersebut merupakan pelaku pencurian dan mengincar truk yang parkir istirahat di warung-warung tepi jalan.

"Kami masih melakukan pengembangan terhadap kasus ini, apakah para tersangka ini juga melakukan pencurian di daerah lain," kata Iqbal, Rabu.

Para tersangka ini, terang Iqbal, memang sebelumnya memiliki niat untuk mencuri dump truk dengan menggunakan mobil Toyota Avanza Nopol DA 7812 TO, berangkat dari arah Palangka Raya menuju Banjarmasin Kalimantan Selatan. Modus yang dilakukan adalah dengan berpura-pura mendekati truk yang parkir di tepi jalan.

Tepat di Desa Tumbang Nusa di Warung Bapak Rika, Abdul Gani meminta berhenti untuk mendekati truk. Syaiful Asyifak selanjutnya turun dari mobil dan mengambil kunci kontak truk dengan memasukan tangan ke dalam kabin dari kaca yang terbuka. Setelah mengambil kunci, Syaiful Asyifak kembali ke dalam mobil dan melanjutkan perjalanan ke arah Banjarmasin.

Sekitar jarak 500 meter, mobil kembali berputar arah dengan maksud mengawasi truk dan sopir. Apabila lengah, maka truk tersebut langsung diambil oleh para pelaku. Berjalan mobil 15 km, balik lagi melewati truk dan 2 km dari lokasi truk, petugas akhirnya menangkap keempatnya saat singgah di sebuah warung.

PS Kanit Reskrimum, Bripka Laser Kristovor mengatakan modus seperti ini baru pertama terjadi. Modus awal adalah dengan mengambil kunci mobil calon korban. 

Ia berharap masyarakat berhati-hati ketika singgah di warung karena apabila pemilik mobil lengah akibat sibuk mencari kunci kontak, maka langsung dibawa oleh para pelaku.

Dari keempat tersangka, tiga diantaranya pernah di penjara dengan kasus dan berasal dari daerah berbeda. Bahkan satu diantaranya baru lima bulan keluar penjara karena kasus Narkoba di lapas Pangkalan Bun. 

Syaiful Asyfak identitas Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Silar Sanwiraji identitas Jalan Jendral Sudirman, Kecamatan Hanau, Kabupaten Seruyan.

Selanjutnya, Abdulah Ghani identitas Jalan Pinus, Kecamatan Pahandut, Palangka Raya dan Erwindo Ardianto identitas Desa Mundu, Kecamatan Gemarang, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Abdulah Gani alias Bambang Suharto merupakan otak pelaku pencurian. Sebelumnya juga pernah melakukan hal yang sama di warung Jalan Trans Lintas Kalimantan di Desa Tumbang Nusa. Pencurian dump truk ini dilakukan karena sudah mendapat order dari penadah di Kalimantan Selatan berinisial S yang siap membeli mobil yang berhasil dicuri.

Dari dalam mobil, terang Laser, juga ditemukan plat kendaraan yang digunakan untuk mengganti plat kendaraan korban jika berhasil dicuri.
 
Selain itu, polisi mengamankan 1 buah kunci kontak truk Nopol KH 8001 JM, 1 buah bor listrik dengan 3 buah mata,  1 buah kunci "T", tali tambang, plat mobil D 8455 XN, 1 STNK KH 8379 GD, BPKB DA 9401 AT, mobil Avanza DA 7812 TO.