Penegakan Hukum Lebih Kedepankan Tindakan Preventif, Kata Kajati Kalteng

id barito selatan, kajati kalteng, kejaksaan buntok, agus trichandoko, kalimantan tengah

Penegakan Hukum Lebih Kedepankan Tindakan Preventif, Kata Kajati Kalteng

Kepala Kejaksaan Tinggi Kalteng, Agus Tri Handoko. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Buntok (Antara Kalteng) - Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah, Agus Tri Handoko menyatakan dalam penegakan hukum pihaknya akan lebih mengedepankan tindakan preventif atau pencegahan.

"Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi, kita tidak hanya melakukan tindakan represif akan tetapi juga melakukan tindakan preventif," katanya saat kunjungan kerja ke Kejaksaan Negeri Barito Selatan, di Buntok, Rabu.

Menurut dia, tindakan tersebut dalam kerangka pembangunan dan pihaknya ingin mengubah mind set dengan lebih mengedepankan penegakan hukumnya secara preventif.

"Karena tindakan secara represif banyak tidak berhasil, sebab, kebanyakan uang negara yang diselamatkan sedikit dan biaya yang dikeluarkan pemerintah pusat dalam penegakan hukumnya juga tidak sedikit," tambah dia.

Oleh karena itu, pihaknya akan lebih mengedepakan tindakan preventif atau pencegahan dalam penegakan hukum. Dengan demikian, maka proyek pembangunan bisa berjalan dengan baik dan hasilnya pun sesuai dengan harapan bersama.

Menurut dia, dampak dari tindakan represif, bukan hanya kepada diri pribadi, akan tetapi berdampak kepada anak, isteri dan keluarga orang yang melakukan penyelewengan uang negara.

Selain itu Agus Trihandoko juga meminta kepada kejaksaan di wilayah setempat supaya konsekuen selaku Tim pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) agar jadi wasit yang murni.

Pada acara kunjungan kerja tersebut, Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah, Agus Tri Handoko bersama dengan rombongan disambut dengan acara adat potong pantan.