Nah! Warga Kalteng Diminta Waspada Bisnis Investasi Bodong

id Kotawaringin Timur, Kotim, Sampit, Waspada Investasi Bodong, Polda Kalteng, Budhi Rohmat, investasi bodong, kalimantan tengah, kalteng

Nah! Warga Kalteng Diminta Waspada Bisnis Investasi Bodong

Kepala Sub Direktorat Ekonomi Khusus pada Direktorat Kriminal Khusus Polda Kalteng, AKBP Budhi Rohmat (kanan) (Foto Antara Kalteng/Norjani)

...Investasi bodong sering muncul dengan menawarkan keuntungan sangat besar dalam waktu singkat agar calon korbannya tertarik sehingga masuk perangkap.
Sampit (Antara Kalteng) - Masyarakat Kalimantan Tengah diminta mewaspadai dan tidak tertipu berbagai bisnis dan investasi yang ternyata tidak memiliki izin atau bodong karena hanya akan merugikan.

"Sekarang banyak investasi dan usaha keuangan, termasuk yang ditawarkan secara online. Setelah kami cek, ternyata sebagian tidak memiliki izin atau bodong," kata Kepala Sub Direktorat Ekonomi Khusus pada Direktorat Kriminal Khusus Polda Kalteng, AKBP Budhi Rohmat di Sampit, Kamis.

Berbagai cara dilakukan pelaku kejahatan untuk memperdayai korban. Investasi bodong sering muncul dengan menawarkan keuntungan sangat besar dalam waktu singkat agar calon korbannya tertarik sehingga masuk perangkap.

Masyarakat harus teliti dan cerdas dalam menggunakan uang untuk berinvestasi. Investasi yang menawarkan keuntungan besar namun tidak logis, bisa menjadi indikasi dan patut dicurigai.

Untuk menangani penipuan berkedok investasi bodong itu, Polda Kalimantan Tengah, berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia. Namun kewaspadaan masyarakat sangat ampuh untuk mencegah adanya warga yang menjadi korban investasi bodong.

"Kalau ada tawaran investasi, masyarakat bisa memanfaatkan internet untuk mencari informasi terkait investasi itu. Kami dari kepolisian juga siap membantu jika masyarakat membutuhkan," ujar Budhi.

Budhi menambahkan, penipuan dengan modus investasi bodong, menjadi perhatian serius pimpinan Polri. Untuk itulah kepolisian gencar melakukan sosialisasi dengan harapan masyarakat makin paham sehingga tidak sampai menjadi korban investasi bodong.

Direktorat Kriminal Khusus Polda Kalimantan Tengah, menangani kejahatan khusus seperti tindak pidana perbankan, uang palsu, pencucian uang, cyber crime dan lainnya. Peran masyarakat sangat dibutuhkan untuk membantu mencegah dan memberantas kejahatan-kejahatan tersebut.