Bupati Ini Minta Media Ikut Promosikan Tanjung Puting

id seruyan, tanjung puting, bupati seruyan, TNTP, kalimantan tengah

Bupati Ini Minta Media Ikut Promosikan Tanjung Puting

Orangutan liar yang ada di Camp Saluang Mas Taman Nasional Tanjung Puting wilayah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah tampak bergelantungan dari pohon ke pohon. (Foto Antara Kalteng/Fahrian A.)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah, Sudarsono meminta media baik cetak dan elektronik untuk dapat mempromosikan Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) agar lebih dikenal masyarakat luas.

"Masyarakat perlu tahu bahwa sebagian besar wilayah TNTP ada di Seruyan, dan media memiliki peran strategis untuk mempromosikan hal itu," kata Sudarsono di Kuala Pembuang, Jumat.

Ia mengatakan, selama ini citra yang telah terbangun di masyarakat, TNTP selalu diidentikkan dengan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Padahal dari 415 ribu hektar luas wilayah TNTP secara keseluruhan, 48 persennya berada di Seruyan.

"Selain kalah cepat memaksimalkan potensi, TNTP wilayah Seruyan juga kurang promosi jadi tidak begitu dikenal," katanya.

Ia menambahkan, promosi melalui media sangat diperlukan agar TNTP Seruyan dapat dikenal sehingga mendorong peningkatan kunjungan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Kemudian, dalam beberapa tahun terakhir Pemkab Seruyan pun sudah mulai gencar mempromosikan TNTP. Hasilnya sejumlah wisatawan asing dari Amerika, Inggris, dan China sudah ada yang mengunjungi TNTP melalui Seruyan.

"TNTP ini merupakan salah satu potensi besar yang dimiliki Seruyan sehingga harus dimaksimalkan untuk kepentingan jangka panjang, namun harus dari sekarang mulai dipromosikan," katanya.

TNTP di wilayah "Bumi Gawi Hatantiring" memiliki jalur destinasi yang berbeda dengan TNTP yang ada di Kobar, yakni melalui jalur darat.

Melalui Pembuang Hulu, Kecamatan Hanau, Camp Seluang Mas TNTP dapat ditempuh lewat jalur darat dalam waktu 45 menit saja, dan ini tentu lebih praktis daripada harus menempuh jalur sungai seperti ke Camp Leakey di TNTP Kobar.

Di Camp Selaung Mas, wisatawan sudah dapat menyaksikan Orangutan dari dekat, terutama saat "feeding time" atau waktu makan pagi dan sore sama seperti di Camp Leakey TNPT Kobar.

Selain keunggulan melalui jalur darat, Seruyan juga menawarkan pilihan melalui jalur sungai seperti di TNTP Kobar, yakni melalui tiga sungai terdiri dari Sungai Perlu, Sungai Segintung Dalam, dan Sungai Baung di Kecamatan Seruyan Hilir.