Untuk Apa Pasar Beringin dan Temenggung Djaja Karti Ditata?

id barito timur, pasar beringin, pasar temenggung djaja karti, kalimantan tengah

Untuk Apa Pasar Beringin dan Temenggung Djaja Karti Ditata?

Ilustrasi - Kondisi Pasar Temenggung Djaya Karti. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antara Kalteng) - Dinas Perdagangan (Disdag) Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah akan menuntaskan penataan Pasar Beringin di kelurahan Ampah Kota Kecamatan Dusun Tengah dan pasar Temenggung Djaya Karti di Kelurahan Tamiang Layang Kecamatan Dusun Timur.

Kepala Disdag Alvianson melalui Sekretarisnya Anda Kriselina, Jumat mengatakan, tujuan penataan tersebut untuk menyatukan komoditi barang yang dijualbelikan.

"Hal ini untuk memudahkan pembeli yang berkunjung untuk membeli barang yang dibutuhkannya," katanya.

Menurutnya, komoditi barang dagangan yang dijajakan bercampur baur terkadang membuat konsumen kebingungan. Pada umumnya terjadi pada pasar pekan / mingguan yang digelar pedagang.

Selain dua pasar besar yang menjadi penopang perekonomian di Kabupaten yang berjuluk Gumi Jari Janang Kalalawah itu, Disdag berencana mengusulkan pengembangan pasar Beringin Ampah tersebut beserta pasar Dayu di Desa Dayu Kecamatan Karusen Janang. 

Dana yang diusulkan melalui dana dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat (APBN) mencapai Rp84 miliar lebih.

"Mudah-mudahan bisa terakomodir pada tahun 2018 nanti. Dengan terkabulnya usulan tersebut, secara otomatis akan berdampak pada peningkatan ekonomi dan transaksi keuangan serta membangkitkan daya usaha masyarakat," katanya.